Annisa, Fitriana Nur (2024) UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PUBLIK TENTANG FITUR PADA APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) PT PEGADAIAN KANWIL XI SEMARANG MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
INHUM_S_Fitriana Nur Annisa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
INHUM_S_Fitriana Nur Annisa cover.pdf - Published Version Download (653kB) |
Abstract
Makin hari tuntutan dari masyarakat yang menjadi nasabah sebuah perusahaan supaya
mereka dapat memperoleh pelayanan yang baik juga makin bertambah sehingga menuntut
para aktor pemberi layanan wajib membagikan pelayanan yang prima kepada setiap
masyarakat. PT Pegadaian telah melaksanakan perubahan industri agar menjadi industri
keuangan. Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat membuat sebuah aplikasi agar
dapat mempermudah konsumen ataupun nasabah dalam melakukan transaksi yang
dibutuhkan terkait PT Pegadaian. Perubahan yang dilangsungkan oleh PT. Pegadaian ialah
dengan peluncuran aplikasi yang dinamakan dengan Pegadaian Digital Service (PDS).
Inovasi ini diharapkan dapat menggaet kalangan millennial (Sari, 2019: 10). Dengan
kehadiran aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) seharusnya banyak nasabah yang
menggunakan aplikasi tersebut karena efesiensi waktu, praktis, dan mudah untuk melakukan
transaksi pada layanan PT Pegadaian. Namun nyatanya disini masih kurangnya nasabah yang
menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dengan maksimal. Dengan adanya
permasalahan tersebut, penulis berusaha membuat solusi dengan membuat video animasi
tutorial yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan publik mengenai fitur-fitur yang
ada pada aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) yang diharapkan mampu meningkatkan
penggunanya. Proses membuat video animasi tutorial ini cukup panjang karena penulis harus
melewati tiga tahap untuk membuatnya yaitu tahap produksi, pra produksi, serta tahap pasca
produksi. Pada tahap produksi disini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara
observasi, wawancara, penyebaran kuisioner prasurvey kepada nasabah PT Pegadaian Kanwil
XI Semarang, pembuatan narasi, pemilihan karakter. Pada tahap produksi yang merupakan
tahap inti, penulis melakukan proses editing video animasi menggunakan aplikasi Canva dan
Capcut. Tahap terakhir yaitu pra produksi penulis melakukan sinkronisasi antara klip video
animasi dengan voice over yang sudah penulis lakukan serta penggabungan audio. Setelah
konten sudah siap, konten diunggah pada platform media sosial Instagram. Hal-hal yang
melatarbelakangi mengapa penulis akhirnya memilih membuat video animasi tutorial
dikarenakan permasalahan yang muncul pada lingkup perusahaan yaitu kurangnya nasabah
yang menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). Padahal aplikasi Pegadaian
Digital Service (PDS) bisa sangat membantu nasabah di era digitalisasi ini dalam melakukan
transaksi agar lebih cepat, mudah, dan efisien.
Kata Kunci: Awareness, Video Animasi, Video Tutorial, Pegadaian Digital Service
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Awareness, Video Animasi, Video Tutorial, Pegadaian Digital Service |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 01:53 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 01:53 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |