Ayuri, Tjhang Tisya Via (2024) PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Furniture Amadeus Design Pecangaan, Jepara). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (705kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (140kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
Abstract
Pertumbuhan furniture di Jepara memunculkan pebisnis baru di bidang furniture
sehingga persaingan semakin kompetitif. Salah satu bisnis yang bergerak pada
bidang industri furniture ialah Amadeus Design. Pada perjalanannya, terlihat bahwa
periode 2019 – 2023 memperlihatkan hasil penjualan furniture yang fluktuatif
cenderung mengalami penunurun. Strategi peningkatan penjualan diperlukan
sebagaimana terindikasi penurunan daya beli produk furniture yang diduga
dipengaruhi oleh word of mouth, persepsi harga dan promosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, persepsi harga
dan promosi terhadap keputusan pembelian studi pada konsumen furniture
Amadeus Design. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik perhitungan sampel penelitian ini sejumlah 100
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Data yang terhimpun kemudian diolah menggunakan software Smart PLS versi
3.3.3. Hasil penelitian yang telah diolah menggunakan Smart PLS bahwa
menunjukkan bahwa word of mouth, persepsi harga dan promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, variabel word of
mouth, persepsi harga dan promosi memberikan kontribusi sebesar 0.642 atau
64,2% terhadap keputusan pembelian. Memberikan arti bahwa keputusan
pembelian Amadeus Design dipengaruhi oleh word of mouth, persepsi harga dan
promosi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merumuskan saran bagi Amadeus Design
untuk membangun diskusi dengan konsumen dan mendorong konsumen
memberikan ulasan dengan membuat konten melalui instagram yang mengajak para
konsumen untuk menceritakan atau review produk dari Amadeus Design. Amadeus
Design juga diharapkan dapat menetapkan harga sesuai dengan target pasar serta
kualitas produknya. Tak hanya itu, diharapkan dapat membuat konten promosi yang
menarik dan informatif serta meningkatkan intensitas penggunaan Ads pada
jejaring sosial. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian secara
longitudinal atau berkala dalam periode setahun dilakukan dua kali serta
penambahan variabel seperti kualitas produk dan kualitas layanan.
Kata kunci: word of mouth, persepsi harga, promosi, keputusan pembelian
197 Bisnis 2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:17 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 08:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |