Oktariani, Nadhifah (2024) Strategi Pengembangan Desa Wisata Kalongan Pada Objek Wisata Pasar Sawahan dan Tebing Alfath Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Submitted Version Download (700kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Desa Wisata Kalongan adalah desa wisata yang terletak di Desa Kalongan
Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Desa Wisata Kalongan
merupakan desa wisata rintisan yang memiliki potensi besar dalam bidang
pariwisata. Namun, potensi ini belum sepenuhnya dikembangkan dengan optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis pengembangan Desa Wisata Kalongan,
menganalisis identifikasi faktor internal dan eksternal dan merumuskan strategi
pengembangan Desa Wisata Kalongan di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten
Semarang. Pengembangan ini penting untuk meningkatkan potensi wisata,
mendukung ekonomi lokal, dan menciptakan destinasi yang berkelanjutan. Metode
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan
demensional 3A (atraksi, amenitas, aksesibilitas) untuk menganalisis
pengembangan Desa Wisata Kalongan dan analisis SWOT serta uji litmus untuk
mengevaluasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan
ancaman) dan merumuskan strategi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat 11 isu strategis pengembangan dan melalui uji litmus diperoleh 7
isu yang bersifat strategis. Adapun isu strategis dengan skor tertinggi yakni
menyusun strategi promosi teknologi yang efektif dengan dukungan tenaga ahli dari
pemerintah dan akademisi. Berdasarkan analisis isu strategis, strategi yang
direkomendasikan meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui
pelatihan, penguatan promosi digital, pengembangan infrastruktur wisata, serta
kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Implementasi strategi ini
diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan Desa Wisata
Kalongan sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Semarang.
Kata Kunci: Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, Strategi Pengembangan,
Analisis SWOT, Desa Wisata
217 Publik 2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:39 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |