Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESTINATION IMAGE, FASILITAS WISATA, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP REVISIT INTENTION (STUDI PADA WISATAWAN DKI JAKARTA YANG BERKUNJUNG KE TAMAN MINI INDONESIA INDAH)

Al Ghazy, Rafli Widyanto (2024) PENGARUH DESTINATION IMAGE, FASILITAS WISATA, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP REVISIT INTENTION (STUDI PADA WISATAWAN DKI JAKARTA YANG BERKUNJUNG KE TAMAN MINI INDONESIA INDAH). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (582kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (181kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi wisata berlokasi di DKI
Jakarta yang menawarkan keunikan tentang kebudayaan Indonesia, tentu memiliki
harapan untuk dapat dikunjungi dengan kenaikan jumlah yang konsisten pada tiap
tahun. Namun, menurut ulasan di atas bahwa Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
masih memiliki nilai kekurangan terhadap atraksi wisata yang telah dibangun
karena hal tersebut berbanding terbalik dalam program revitalisasi yang dilakukan
pada tahun 2022. Wisatawan mengeluhkan kurangnya fasilitas terhadap mobilitas
para wisatawan untuk mengunjungi atraksi wisata disana, terlebih lagi kurangnya
sistem manajemen yang buruk yang membuat para wisatawan memiliki
pengamalaman yang dirasakan dan persepsi yang berbeda pada kunjungan
sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi
(destination image), fasilitas wisata (tourism facilities), dan nilai yang dirasakan
(perceived value) terhadap niat kunjung ulang (revisit intention) pada wisatawan
DKI Jakarta yang berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Citra destinasi
adalah persepsi wisatawan terhadap daya tarik dan keunikan Taman Mini Indonesia
Indah sebagai objek wisata, sedangkan fasilitas wisata mencakup kualitas dan
ketersediaan fasilitas yang dapat mendukung pengalaman wisata. Nilai yang
dirasakan mencerminkan penilaian dan tingkat kepuasan wisatawan yang diperoleh
selama kunjungan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik
pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu purposive sampling terhadap 100
responden berusia minimal 17 tahun yang pernah mengunjungi Taman Mini
Indonesia Indah. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan di analisis dengan
teknik analisis Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi, fasilitas wisata, dan
nilai yang dirasakan memiliki pengaruh signifikan yang meningkatkan niat kunjung
ulang wisatawan ke Taman Mini Indonesia Indah. Penelitian ini memberikan
wawasan kepada pengelola Taman Mini Indonesia Indah untuk meningkatkan citra
destinasi secara konsisten dan meningkatkan kualitas fasilitas di Taman Mini
Indonesia Indah guna memperkuat niat kunjung ulang wisatawan serta memberikan
pengalaman wisata yang memuaskan.
Kata Kunci: Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, Nilai yang Dirasakan, Niat Kunjung
Ulang, Taman Mini Indonesia Indah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2024 08:06
Last Modified: 27 Dec 2024 08:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item