Azmira, Risa Tsafira (2024) STRATEGI PERENCANAAN PENGEMBANGAN DESA WISATA TERASERING SITENGGONG DI DUSUN NAMPAN DESA SUKOMAKMUR KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (932kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (138kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (251kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
merekomendasikan strategi perencanaan pengembangan Desa Wisata Terasering
Sitenggong. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan strategis yang
dikemukakan oleh John. M. Bryson. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
eksploratif dengan teknik analisis SWOT dan perhitungan Tes Litmus guna
merumuskan strategi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang
dimiliki oleh Desa Wisata Terasering Sitenggong masih memiliki banyak
kekurangan sehingga perlu ditingkatkan. Adapun hasil dari analisis SWOT
ditemukan 11 isu strategis pengembangan, yang setelah dilakukan tes litmus
diperoleh 3 isu dengan sifat strategis yang dapat diterapkan dalam pengembangan.
Peneliti merekomendasikan strategi sebagai berikut, yaitu meningkatkan
kerjasama dengah pihak masyarakat terutama dalam hal keuangan atau investasi
pengembangan agar dapat memanfaatkan potensi Gunung Sumbing dan
Terasering Sayuran lebih optimal. Meningkatkan koordinasi sektor publik yaitu
Disparpora Kabupaten Magelang dalam berbagai pelatihan dan pendampingan
untuk memajukan Desa Wisata Terasering Sitenggong yang masih tergolong baru.
Meningkatkan pemanfaatan teknologi melalui sosial media yaitu instagram,
youtube, dan tiktok sebagai media promosi untuk memberikan informasi terkait
spot foto yang menarik wisata.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Desa Wisata, Analisis SWOT
194 Publik 2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:42 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |