Amelia, Nabilah (2024) RESPONSIVE GOVERNANCE DALAM REALISASI LAYANAN ADUAN MASYARAKAT (STUDI PENELITIAN SP4N LAPOR! OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2023). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (82kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (28kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kebutuhan akan saluran untuk mewadahi keluhan masyarakat, kondisi aduan
yang tidak ditangani, duplikasi pada penanganan aduan, dan lempar tanggung
jawab antar penyelenggara pemerintahan mendorong penciptaan SP4N Lapor!.
Pemerintah Kabupaten Klaten telah melaksanakan SP4N Lapor! sejak tahun
2019 hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan
SP4N Lapor! Pemerintah Kabupaten Klaten dalam konteks complaint
management dan responsive governance dengan menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
pelaksanaan SP4N Lapor! Pemerintah Kabupaten Klaten belum berjalan sesuai
dengan complaint management dan kehadiran SP4N Lapor! belum dapat
mewujudkan responsive governance di lingkup Pemerintah Kabupaten Klaten.
SP4N Lapor! merupakan produk kebijakan top-down dimana kebijakan
pemerintah yang top-down cenderung tidak efektif dan memiliki banyak
masalah. Ini karena kebijakan top-down yang dipaksakan dalam kondisi
ketidaksiapan budaya partisipatif dari pemerintah daerah dan masyarakat lokal.
Permasalahan pelaksanaan SP4N Lapor! di Kabupaten Klaten, yakni kendala
teknis dan kompleksnya sistem SP4N Lapor!, pemerintah daerah yang belum
berpartisipasi secara responsif dan belum eksis untuk memberdayakan
masyarakat guna meningkatkan kuantitas aduan, serta masyarakat yang kurang
aktif berpartisipasi dalam pendayagunaan SP4N Lapor!. Kurangnya etos kerja
dan profesionalitas memperlambat penanganan aduan SP4N Lapor!
Pemerintah Kabupaten Klaten. Kondisi statis yaitu jarang adanya aduan yang
masuk ke sistem SP4N Lapor! Pemerintah Kabupaten Klaten membentuk cara
pandang dan kebiasaan pemerintah yang menyepelekan penanganan aduan. Ini
adalah representasi dari pemerintah yang bersemangat di awal saja dan mulai
mengalami demotivasi yang menyebabkan penurunan kinerja pemerintah
dalam penanganan aduan. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah pusat
perlu mengkaji SP4N Lapor! dengan mempertimbangkan aspek relevansi
kebutuhan dan kemudahan akses masyarakat lokal. Diskominfo Klaten perlu
meningkatkan motivasi, kedisiplinan, dan profesionalitas; rutin memeriksa
aduan SP4N Lapor! Pemerintah Kabupaten Klaten selama jam kerja
berlangsung; meningkatkan responsivitas dan ketaatan waktu sesuai Standar
Operasional Prosedur (SOP) SP4N Lapor! dan Pelayanan Aduan; serta intensif
melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang SP4N Lapor!.
Kata Kunci : Responsive Governance, Complaint Management, SP4N Lapor!
Pemerintah Kabupaten Klaten
182 PEM 2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:58 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |