Auliantio, Aldedinda (2022) Hubungan Brand Awareness dan Brand Association dengan Minat Bertransaksi Ulang di Tokopedia. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (538kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (199kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf - Submitted Version Download (169kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (205kB) |
Abstract
Minat bertransaksi ulang adalah hal yang mutlak diperhatikan bagi perusahaan
untuk bisa mendapatkan keuntungan dan tetap eksis dalam dunia bisnis, Tidak
terkecuali bagi Tokopedia, sebagai salah satu perusahaan E-Commerce di
Indonesia. Tokopedia telah melakukan berbagai upaya pemasaran yang dapat
meningkatkan kesadaran merek dan asosiasi merek mereka. Namun, minat
konsumen bertransaksi ulang di Tokopedia mengalami penurunan. Padahal jika
konsumen tidak lagi mengunjungi platform Tokopedia, sama artinya dengan
konsumen tidak berencana untuk melakukan transaksi di platform tersebut. Hal ini
menjadi potensial problem yang merugikan Tokopedia jika tidak segera ditangani
dengan tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori
dengan jumlah responden yang pernah menginstall aplikasi Tokopedia dan
menggunakannya sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan data sampel
menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan alat dan teknik
pengumpulan data berupa kuesioner dan dengan menggunakan analisis Kendall‟s
Tau B.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara brand
awareness dengan minat bertransaksi ulang di Tokopedia sehingga teori yang
digunakan, yaitu Heuristic-Systematic Model, dapat diterapkan pada penelitian
ini. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan terdapat hubungan positif antara
Brand Association dengan minat bertransaksi ulang di Tokopedia sehingga teori
yang digunakan, yaitu Self Congruity Theory, dapat diterapkan pada penelitian ini.
Berdasarkan penelitian ini, para penggiat kegiatan pemasaran dapat mencontoh
Tokopedia dalam meningkatkan Brand Awareness serta Brand Association
produk mereka.
Kata Kunci : asosiasi merek, kesadaran merek, minat bertransaksi
150 kom 2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |