Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Celebrity Endorser dan Terpaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) dalam Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Produk Sariayu

Azzahra, Alya Farras (2022) Pengaruh Terpaan Celebrity Endorser dan Terpaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) dalam Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Produk Sariayu. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (557kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (861kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (110kB)

Abstract

Banyaknya brand yang menggunakan TikTok sebagai media promosi untuk
menaikkan penjualannya tidak sejalan dengan brand Sariayu, hal tersebut terlihat
pada laporan tahunan Sariayu yang mengalami penurunan. Penelitian bertujuan
untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Terpaan Celebrity Endorser dan
Terpaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) dalam Media Sosial TikTok terhadap
Minat Beli Produk Sariayu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei
dan menggunakan teori respon kognitif dan teori traditional word of mouth.
Penelitian mengambil subjek berusia 15 sampai >40 tahun, laki-laki dan
perempuan, pengguna aplikasi TikTok dan pernah melihat iklan Sariayu di TikTok
dengan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh,
dengan kata lain semakin tinggi terpaan celebrity endorser yang diterima maka
semakin tinggi pula minat beli responden dan menunjukkan bahwa penggunaan
celebrity endorser efektif dan sejalan dengan teori respon kognitif. Selanjutnya,
hipotesis kedua terdapat pengaruh, dengan kata lain semakin tinggi terpaan
electronic word of mouth yang diterima maka semakin tinggi pula minat beli
responden dan menunjukkan bahwa adanya E-WOM efektif dan sejalan dengan
teori traditional word of mouth. Saran peneliti selanjutnya menggunakan populasi
yang berbeda dan platform sosial media yang berbeda agar penelitian lebih
berkembang.
Kata Kunci : Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, TikTok, Sariayu
135 kom 2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Dec 2024 08:11
Last Modified: 04 Dec 2024 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item