Search for collections on Undip Repository

PENYEBARAN INFORMASI MENGENAI PRODUK DAN LAYANAN PT TASPEN (PERSERO) KCU SEMARANG BAGI MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN MELALUI PRODUKSI VIDEO

ALIFANDIAN, RAFII REYHAN (2024) PENYEBARAN INFORMASI MENGENAI PRODUK DAN LAYANAN PT TASPEN (PERSERO) KCU SEMARANG BAGI MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN MELALUI PRODUKSI VIDEO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of INHUM_S_RAFII REYHAN ALIFANDIAN Cover.pdf] Text
INHUM_S_RAFII REYHAN ALIFANDIAN Cover.pdf - Published Version

Download (897kB)
[thumbnail of INHUM_S_RAFII REYHAN ALIFANDIAN.pdf] Text
INHUM_S_RAFII REYHAN ALIFANDIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT. Taspen (Persero) KCU Semarang menghadapi tantangan dalam menyebarluaskan
informasi mengenai tata cara penggunaan layanan dan produk. Saat ini, PT. Taspen
(Persero) KCU Semarang sebagai kantor cabang dari PT. Taspen (Persero) melalui
media sosial nya hanya menyebarkan video-video informasi milik kantor pusat.
Proyek ini bertujuan untuk membantu PT. Taspen (Persero) KCU Semarang
memproduksi video-video informasi dan menyebarkan kepada masyarakat peserta
pengguna layanan PT. Taspen (Persero) khususnya di Kota Semarang.
Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah penciptaan karya video yang terdiri
dari tiga tahap utama, yaitu: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap
pra-produksi, dilaksanakan perencanaan konsep dari isi konten video. Tahap
produksi mencakup pemilihan element, pengisian suara, serta penggerakan karakter.
Terakhir tahap pasca-produksi, meliputi proses editing serta distribusi konten melalui
platform media sosial YouTube dan Instagram
Hasil dari proyek ini adalah sepuluh video informasi yang dapat meningkatkan
pemahaman peserta mengenai layanan PT Taspen KCU Semarang. Analisis
menunjukkan bahwa video animasi sebagai media edukasi dapat mengatasi kendala
dalam penyampaian informasi, seperti hambatan akses dan kompleksitas materi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta, membangun
citra positif perusahaan, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi peserta dalam
program-program yang ditawarkan.
Kata Kunci: PT Taspen (Persero) KCU Semarang, Video Animasi, Penyebaran Informasi, Layanan Pensiun, Multimedia, Youtube, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PT Taspen (Persero) KCU Semarang, Video Animasi, Penyebaran Informasi, Layanan Pensiun, Multimedia, Youtube, Instagram
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:26
Last Modified: 14 Nov 2024 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27465

Actions (login required)

View Item View Item