SANTOSA, Asri (2024) SAFETY BASED DYNAMIC UNCERTAINTY REDUCTION SEBAGAI KATALISATOR KINERJA KESELAMATAN PENERBANGAN BANDARA INTERNASIONAL DI INDONESIA. Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._D___Cover___12020119510014.pdf - Published Version Download (4MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._D___Abstrak_(Inggris)___12020119510014.pdf - Published Version Download (4MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._D___Abstrak_(Indonesia)___12020119510014.pdf - Published Version Download (4MB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._D___Daftar_Isi___12020119510014.pdf - Published Version Download (4MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._D___Daftar_Pustaka_12020119510014.pdf - Published Version Download (5MB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._D___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020119510014.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Meskipun telah dilakukan mitigasi pada kegiatan penerbangan, nyatanya
kecelakaan penerbangan masih terjadi di Indonesia. Tanggung jawab keselamatan
lalu lintas penerbangan dibawah nanungan Air Traffic Controller (ATC).
Tanggung jawab ATC sebagai pengawas lalu lintas udara terhadap kecelakaan
pesawat yang dikarenakan kesalahan ATC dapat dipertanggungjawabkan secara
perdata maupun pidana apabila dalam menjalankan tugasnya terbukti telah
melakukan kelalaian sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat.
Kelalaioan petugas ATC diduga menjadi penyebab utama kecelakaan meskipun
tidak semua kecelakaan pesawat udara disebabkan oleh kesalahan dari ATC,
tetapi ada faktor lain seperti kesalahan penumpang, pilot, petugas navigasi dan
lain-lainnya yang juga bertanggung jawab untuk keselamatan penerbangan. Oleh
karena itu, penting untuk diteliti terkait dengan prinsip keselamatan kerja melalui
safety performance dapat membantu organisasi untuk menekan angka kecelakaan
kerja dan menciptakan zero accident.
Penelitian ini berhasil mengembangkan konsep baru safety based dynamic
uncertainty reduction. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keselamatan dapat
ditingkatkan dengan menghadirkan safety based dynamic uncertainty reduction
dengan mengurangi ketidakpastian secara dinamis untuk keselamatan kerja.
Konsep ini merupakan perilaku individu dengan mengimprovisasi rutinitas
operasional secara dinamis guna meningkatkan kinerja keselamatan pada
lingkungan yang ditandai dengan adanya perubahan dan ketidakpastian yang
sangat tinggi. Konsep baru ini memediasi safety leadership terhadap kinerja
keselamatan. Kemudian, secara teoritis penelitian ini menunjukkan bahwa Safety
leadership adalah model yang tepat untuk diimplementasikan dalam organisasi,
yang menggabungkan kepemimpinan yang mendukung keselamatan dengan
kebijakan keselamatan yang holistic. Impikasi teoritisnya adalah bahwa pemimpin
keselamatan harus memimpin dengan contoh, memastikan peraturan dan regulasi
terpenuhi, memfasilitasi dan memotivasi karyawan untuk aktif dalam
keselamatan, serta memastikan kultur keselamatan terintegrasi ke dalam budaya
perusahaan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keselamatan penerbangan, safety performance, safety based dynamic uncertainty reduction |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:07 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |