Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS GUGATAN WANPRESTASI TERHADAP IKLAN DALAM PRA-KONTRAK JUAL BELI APARTEMEN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 60/PDT.G/2015/PN BGR.). _PDT 2024

CHRISTOPHER, JONATHAN MISHAEL and Suharto, R. Suharto and Aminah, Aminah (2024) KAJIAN YURIDIS GUGATAN WANPRESTASI TERHADAP IKLAN DALAM PRA-KONTRAK JUAL BELI APARTEMEN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 60/PDT.G/2015/PN BGR.). _PDT 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian yuridis ini didasari pada studi kasus perkara gugatan wanprestasi dalam Putusan Nomor 60/Pdt.G/2015/PN Bgr., dimana Penggugat mengajukan gugatan wanprestasi yang didasarkan pada ketidaksesuaian antara janji promosi dalam iklan dengan isi
perjanjian dalam konteks tahap pra-kontrak. Iklan seringkali dianggap dapat dapat menarik pembeli untuk melakukan perjanjian dengan penjual, namun tidak sama untuk dianggap sebagai bentuk kesepakatan yang mengikat. Menurut teori ilmu keperdataan dapat ditinjau bahwa iklan tidak cukup dapat dikatakan mengikat apabila iklan tersebut hanyalah bentuk penawaran awal sebelum tahap kontrak. Studi ini mengkaji peran iklan dalam tahap pra-kontrak dan relevansinya terhadap gugatan wanprestasi.
Pokok permasalahan yang diuraikan dalam penelitian ini adalah melihat Bagaimana iklan dapat menjadi dasar kesepakatan yang mengikat diantara para pihak dalam konteks tahap pra-kontrak serta Apakah iklan dalam pra-kontrak jual beli apartemen sebagai obyek dapat menjadi dasar gugatan wanprestasi berdasarkan kajian Putusan Nomor 60/Pdt.G/2015/PN Bgr.. Diterapkan metode penelitian yuridis-normatif, serta spesifikasi penelitan deskriptif analitis. Data yang digunakan berupa data sekunder meliputi bahan-bahan hukum primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan serta studi dokumen hukum.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa untuk dapat mengajukan gugatan wanprestasi, harus ada kesepakatan yang mengikat di antara para pihak. Iklan umumnya dianggap sebagai ajakan untuk bernegosiasi, bukan tawaran yang mengikat secara hukum. Maka,
iklan bukanlah bentuk dasar kesepakatan mengikat diantara para pihak. Implikasi Relevansi gugatan wanprestasi terhadap iklan dalam pra-kontrak jual beli apartemen menurut kajian Putusan Nomor 60/Pdt.G/2015/PN Bgr. tidak relevan, sebab Majelis Hakim melihat adanya Perjanjian Pengalihan dan Pengoperan Hak Atas PPJB, maka iklan hanyalah pendahuluan untuk melakukan perjanjian tersebut, terlebih sudah ditandatanganinya perjanjian tersebut oleh Penggugat.
Kata Kunci: Wanprestasi, Iklan, Pra-kontrak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Iklan, Pra-kontrak
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:31
Last Modified: 09 Sep 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26403

Actions (login required)

View Item View Item