Rosari, Fransiska Julian (2024) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUNGA POTONG KRISAN VARIETAS BAKARDI PUTIH DI DESA CANDI, KECAMATAN BANDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
1. a. Bagian 1.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
1. b. Bagian 2.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
1. c. Bagian 3.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
1. d. Bagian 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1. e. Bagian 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1. f. Bagian 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1. g. Bagian 7.pdf Download (613kB) |
Abstract
Perbedaan harga bunga potong krisan varietas bakardi putih di tingkat petani dan konsumen yang cukup besar menjadi permasalahan dalam menciptakan pemasaran bunga potong krisan varietas bakardi putih menjadi efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran bunga potong krisan varietas bakardi putih di Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2023 – Februari 2024. Lokasi penelitian di Desa Candi, Kecamatan Bandungan yang ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan Desa Candi menjadi penghasil bunga krisan terbesar di Kecamatan Bandungan. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel di tingkat petani menggunakan sampling jenuh berjumlah 40 orang, dan lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling berjumlah 26 orang. Data yang digunakan pada penelitian yaitu data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan pola saluran pemasaran dan fungsi lembaga pemasaran, analisis kuantitatif yaitu margin pemasaran, farmer’s share, efisiensi pemasaran, uji normalitas dan uji hipotesis berupa uji one sample t-test. Hasil analisis menunjukan terdapat empat saluran pemasaran bunga potong krisan varietas bakardi putih di Desa Candi. Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp15.500/ikat, saluran II sebesar Rp21.500/ikat, saluran III sebesar Rp22.000/ikat dan saluran IV sebesar Rp23.125/ikat. Nilai farmer’s share pada saluran pemasaran I sebesar 59,48%, saluran II sebesar 51,52%, saluran III sebesar 47,62% dan saluran IV sebesar 46,22%. Hasil penelitian menunjukan saluran pemasaran komoditas bunga potong krisan varietas bakardi putih di Desa Candi, Kecamatan Bandungan efisien.
Kata kunci: bakardi putih, bunga potong krisan, efisiensi pemasaran, farmer’s share, margin pemasaran, saluran pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:53 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:53 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |