Anugraheni, Esti Ayu (2024) ANALISIS KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG EKSPOR PADA FREIGHT FORWARDER PT ARINDO JAYA MANDIRI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
S_Esti Ayu Anugraheni.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
S_Esti Ayu Anugraheni COVER.pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text
S_Esti Ayu Anugraheni BAB I.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text
S_Esti Ayu Anugraheni DAPUS.pdf - Published Version Download (244kB) |
Abstract
PT. Arindo Jaya Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak
di bidang freight forwarder. Sebagai perusahaan jasa freight forwarder PT.
Arindo Jaya Mandiri harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk
memenuhi kebutuhan customer, salah satunya terkait ketepatan waktu pengiriman
barang. Namun, dalam proses pengiriman barang ekspor sering mengalami
keterlambatan sehingga konsumen melakukan complain. Penelitian ini dilakukan
bertujuan untuk mengetahui alur pengiriman barang ekspor pada PT. Arindo Jaya
Mandiri dan titik kritis yang berpotensi menyebabkan keterlambatan, mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi ketepatan waktu
pengiriman barang ekspor pada PT. Arindo Jaya Mandiri, dan mengetahui metode
Fault Tree Analysis digunakan untuk menganalisis penyebab keterlambatan
pengiriman barang pada PT. Arindo Jaya Mandiri. Metode penelitian yang
digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan
hasil penelitian dijelaskan alur pengiriman barang ekspor pada PT. Arindo Jaya
Mandiri dilakukan mulai dari alur stuffing sampai alur pembayaran. Namun, pada
proses tersebut sering terjadi hambatan yang mempengaruhi ketepatan waktu
pengiriman barang seperti human error, ketidaksesuaian dokumen, bencana alam,
dan kerusakan armada. Metode Fault Tree Analysis digunakan analisis penyebab
keterlambatan pengiriman barang prioritas paling tinggi yaitu armada.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Arindo Jaya Mandiri
dalam melakukan pengiriman barang ekspor tidak memiliki alur sebagai acuan
sehingga perusahaan hanya melakukan pekerjaan sesuai dengan kebiasaan. Hal ini
mengakibatkan kinerja masih belum optimal. Sehingga, untuk meningkatkan
pengiriman barang ekspor perlu dilakukan pembuatan Standar Operasional
Prosedur sebagai landasan melakukan pekerjaan.
Kata kunci : Ekspor, Keterlambatan, Pengiriman Barang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspor, Keterlambatan, Pengiriman Barang |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 01:50 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 01:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25431 |
Actions (login required)
View Item |