Akbar, Darodjatun Aulia (2024) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MARKETPLACE BLIBLI.COM DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (851kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (52kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (178kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
Abstract
Perkembangan pesat internet menunjukkan adanya pertumbuhan teknologi
yang semakin maju dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi
kebutuhan sehari-hari. Dalam dunia bisnis media internet memberikan peluang
keuntungan bagi produsen dan konsumen karena pemasaran melalui media internet
sangat efisien dan praktis. Salah satunya yaitu bisnis marketplace yang telah
memasuki pasar di Indonesia dan memiliki perkembangan yang cukup baik.
Blibli.com adalah salah satu marketplace yang ada di Indonesia. Blibli.com
merupakan bisnis marketplace pertama dari PT Global Digital Niaga. Marketplace
Blibli.com ini memiliki konsep yang unik yaitu belanja online ala mall. Data nilai
pembelian konsumen atau Gross Merchandise Value pada marketplace Blibli.com
menunjukkan bahwa nilai pembelian konsumen rendah. Hal ini diduga terjadi
dikarenakan beberapa faktor yaitu e-service quality dan electronic word of mouth.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan
electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian
ini tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian Explanatory
Research dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dan
purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak
100 responden yang menggunakan sekaligus pernah membeli produk pada
marketplace Blibli.com di Kota Semarang. Data diambil dengan cara menyebarkan
kuesioner dalam bentuk Gform melalui media sosial berupa whatsapp dan line.
Pada penelitian ini peneliti mengolah data menggunakan SPSS 26 beserta analisis
kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, signifikansi
uji t, dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan electronic
word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, Blibli.com disarankan agar lebih detail
dalam menyediakan informasi mengenai produk, meningkatkan layanan customer
service, mengoptimalkan kinerja aplikasi, dan mendorong konsumen Blibli.com
untuk menuliskan ulasan mereka di platform ulasan.
Kata kunci : e-service quality, electronic word of mouth, keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 04:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |