Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN YOUTUBE SERIES “ASLINYA KULINER LOKAL BARENG TEH BOTOL SOSRO” PADA CHANNEL YOUTUBE NEX CARLOS DAN E-WOM PADA KOLOM KOMENTAR TERHADAP MINAT BELI PRODUK TEH BOTOL SOSRO

Akbar, Bintang (2024) PENGARUH TERPAAN YOUTUBE SERIES “ASLINYA KULINER LOKAL BARENG TEH BOTOL SOSRO” PADA CHANNEL YOUTUBE NEX CARLOS DAN E-WOM PADA KOLOM KOMENTAR TERHADAP MINAT BELI PRODUK TEH BOTOL SOSRO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (665kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (432kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (143kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

Indonesia adalah pemain besar dalam industri teh global, hal ini memicu
persaingan antar merek teh kemasan. Teh Botol Sosro meluncurkan strategi
pemasaran berupa YouTube series dengan menggandeng food vlogger Nex Carlos.
Selain itu, mayoritas konsumen membaca E-WOM terlebih dahulu sebelum
melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terpaan
YouTube series dan intensitas E-WOM terhadap minat beli produk Teh Botol Sosro.
Teori yang digunakan adalah teori integrasi informasi dan teori Lingkungan
Informasi Pembeli. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability dan
purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Pengujian data dilakukan melalui
uji regresi linier sederhana.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel terpaan YouTube
series “Aslinya Kuliner Lokal Bareng Teh Botol Sosro” pada channel YouTube Nex
Carlos dapat menjelaskan sebesar 43,9% dengan besaran pengaruh sebesar 0,347 dan
variabel intensitas E-WOM pada kolom komentar dapat menjelaskan sebesar 41,9%
dengan besaran pengaruh sebesar 0,268 terhadap minat beli produk Teh Botol Sosro.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi terpaan YouTube series “Aslinya
Kuliner Lokal Bareng Teh Botol Sosro”, maka semakin tinggi pula minat beli produk
Teh Botol Sosro. Semakin tinggi intensitas E-WOM pada kolom komentar, maka
semakin tinggi pula minat beli produk Teh Botol Sosro. Dengan begitu, variabel
terpaan YouTube series dan variabel intensitas E-WOM secara positif dan signifikan
mempengaruhi minat beli produk Teh Botol Sosro. Penulis menyarankan agar Teh
Botol Sosro mempertimbangkan penggunaan aktivitas promosi ini dalam bauran
komunikasi pemasaran dengan tetap memperhatikan beberapa kelemahannya.
Kata Kunci : Terpaan YouTube Series, Intensitas Electronic Word of Mouth,
Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:06
Last Modified: 28 Jun 2024 05:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24356

Actions (login required)

View Item View Item