Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM ANTARA PT PLN (PERSERO) DENGAN PELANGGAN AKIBAT ADANYA KESALAHAN CATAT KWH METER. _049 Perdata 2024

PURBA, GUIDO VITO PARULIAN and Adhi, Yuli Prasetyo and Prananda, Rahandy Rizki (2024) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM ANTARA PT PLN (PERSERO) DENGAN PELANGGAN AKIBAT ADANYA KESALAHAN CATAT KWH METER. _049 Perdata 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
Guido Vito Parulian Purba_dapus.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penggunaan kWh Meter Pascabayar menimbulkan kemungkinan terjadinya kesalahan catat meter oleh oknum petugas PT PLN (Persero). Hal ini dapat menimbulkan adanya dugaan Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) selaku Pelaku Usaha maupun Pelanggan selaku Konsumen. Penulisan ini bertujuan untuk melihat tinjuan yuridis atas tindakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan PT. PLN (Persero) atas kesalahan catat kwh meter. Penulisan ini juga bertujuan untuk melihat bentuk pertanggungjawaban PT. PLN (Persero) atas kesalahan catat kwh meter kepada konsumen atas kerugian yang diterima. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini yaitu pendekatan yuridis normatif dan spesifikasi penelitian yang dipakai dalam penulisan ini yaitu deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penulisan hukum ini ialah kesalahan catat kwh meter yang dilakukan oleh petugas PT. PLN (Persero) dapat diklasifikasikan sebagai bentuk perbuatan melawan hukum atas dasar perbuatan tersebut telah memenuhi unsur-unsur perbuatan melawan hukum, serta kesalahan catat kwh meter telah melanggar hak dan kewajiban yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Hasil kedua yang didapat dari penelitian ini ialah bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) atas kerugian konsumen sesuai dengan yang telah diatur dalam Undang-Undang.
Kata Kunci: Perbuatan Melawan Hukum, Perlindungan Konsumen, Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbuatan Melawan Hukum, Perlindungan Konsumen, Konsumen
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 15 May 2024 06:45
Last Modified: 15 May 2024 06:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item View Item