Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM HAK INDIKASI GEOGRAFIS “JERUK PAMELO” DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI DI KABUPATEN MAGETAN. _072 Dagang 2024

DEWI, MEKAR KUSUMA and Santoso, Budi and Saptono, Hendro (2024) PERLINDUNGAN HUKUM HAK INDIKASI GEOGRAFIS “JERUK PAMELO” DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI DI KABUPATEN MAGETAN. _072 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_cover.pdf

Download (618kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
Mekar Kusuma Dewi_dapus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hak indikasi geografis merupakan hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang hak terdaftar dengan memberikan perlindungan terhadap suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang. Jeruk Pamelo Kabupaten Magetan merupakan salah satu potensi Indikasi Geografis, namun sampai saat ini jeruk pamelo belum terdaftar sebagai produk indikasi geografis. Tidak terdaftarnya jeruk pamelo sebagai produk indikasi geografis dapat mengakibatkan kerugian dengan kemungkinan dapat di klaim oleh pihak lain karena tidak terlindungi secara hukum. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah jeruk pamelo memenuhi persyaratan untuk mendapatkan perlindungan indikasi geografis dan untuk mengetahui upaya pemerintah Kabupaten Magetan untuk mendaftarkan jeruk pamelo sebagai produk indikasi geografis. Penulisan hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dianalisis secara kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Magetan. Berdasarkan hasil penelitian dalam penulisan ini menjelaskan bahwa Jeruk Pamelo Kabupaten Magetan memenuhi persyaratan untuk didaftarkan sebagai produk indikasi geografis sesuai dengan Pasal 6 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2007 Tentang Indikasi Geografis. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Magetan yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan selaku lembaga yang berwenang melakukan upaya untuk menggerakkan program perlindungan indikasi geografis melalui kerjasama dengan beberapa dinas terkait yaitu dinas pariwisata dan dinas koperasi dan usaha mikro untuk mengkaji dan mengevaluasi produk yang berpotensi untuk didaftarkan sebagai produk indikasi geografis. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Magetan juga melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat akan pentingnya pendaftaran indikasi geografis.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Indikasi Geografis, Jeruk Pamelo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Indikasi Geografis, Jeruk Pamelo
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 May 2024 07:27
Last Modified: 03 May 2024 07:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item