Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU, BEBAN KERJA MENTAL, DAN WORK-FAMILY CONFLICT DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN CONTACT CENTER DI SEMARANG

KHOIRIYAH, SITI (2024) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU, BEBAN KERJA MENTAL, DAN WORK-FAMILY CONFLICT DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN CONTACT CENTER DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SITI KHOIRIYAH.pdf - Published Version

Download (507kB)

Abstract

Stres kerja merupakan respons yang muncul akibat ketidakseimbangan antara beban kerja dengan kemampuan pekerja. Contact center merupakan pekerjaan dengan risiko stres kerja karena tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tinggi. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan karakteristik individu, beban kerja mental, dan work-family conflict dengan stres kerja pada karyawan contact center PT X cabang Semarang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian 46 karyawan dengan metode total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner OSI-R untuk mengukur stres kerja, NASA TLX untuk mengukur beban kerja mental, dan WAFCS untuk mengukur work-family conflict. Data penelitian dianalisis menggunakan chi square test dan fisher exact test untuk menguji hubungan karakteristik individu dengan stres kerja dan korelasi rank spearman untuk menguji hubungan beban kerja mental dan work-family conflict dengan stres kerja. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara usia, beban kerja mental, dan work-family conflict dengan stres kerja (p-value < 0,05) dan tidak ada hubungan antara jenis kelamin, status perkawinan, masa kerja dengan stres kerja (p-value > 0,05).

Kata kunci : Stres Kerja, Beban Kerja Mental, Work-Family Conflict

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 02 May 2024 01:37
Last Modified: 02 May 2024 01:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22766

Actions (login required)

View Item View Item