Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KELENGKAPAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN KEBAKARAN PERAWAT RUMAH SAKIT JIWA (STUDI PADA PERAWAT KELAS AKUT DAN UPIP RSJD Dr. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH)

LAIA, MADVENI SISKARISTIN (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KELENGKAPAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN KEBAKARAN PERAWAT RUMAH SAKIT JIWA (STUDI PADA PERAWAT KELAS AKUT DAN UPIP RSJD Dr. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MADVENI.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Bencana merupakan keadaan yang dapat menghasilkan situasi darurat atau krisis kesehatan, termasuk mengakibatkan ketidakberfungsian layanan Kesehatan, sehingga diperlukan kesiapsiagaan bencana sebagai upaya sebelum terjadinya bencana dengan tujuan meningkatkan kemampuan operasional dan mempermudah tanggapan yang efektif saat terjadi bencana. Kesiapsiagaan terhadap kebakaran melibatkan tindakan-tindakan untuk mengatasi dan mempersiapkan masyarakat dalam mengurangi risiko kebakaran. Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo sebagai salah satu lembaga pelayanan kesehatan jiwa dan non jiwa harus memiliki sistem kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, dan kelengkapan sarana proteksi kebakaran terhadap kesiapsiagaan perawat rumah sakit jiwa dalam menghadapi bencana kebakaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei analitik serta menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini berupa 43 perawat ruang Unit Perawatan Intensif Psikiatri (UPIP) dan kelas akut di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket dan lembar observasi sarana proteksi kebakaran. Data yang didapatkan akan diolah menggunakan uji Chi-square untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan kelengkapan sarana proteksi kebakaran dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran pada perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sikap (p-value=0,019) terhadap kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran. Namun, tidak terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value=0,248) dan kelengkapan sarana proteksi kebakaran (p-value=0,407) terhadap kesiapsiagaan perawat dalam menghadapi kebakaran.
Kata kunci : Kesiapsiagaan, Bencana Kebakaran, Perawat, Rumah Sakit Jiwa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:47
Last Modified: 30 Apr 2024 08:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22760

Actions (login required)

View Item View Item