Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG PERANAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK. _029 Acara 2024

PUTRI, ADRISTI YASMIN and Sukinta, Sukinta and Utama, Kartika Widya (2024) TINJAUAN TENTANG PERANAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK. _029 Acara 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - cover.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
ADRISTI YASMIN PUTRI - dapus.pdf

Download (444kB)

Abstract

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) berperan dalam proses peradilan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum sejak ditangkap hingga selesai menjalani hukuman. BAPAS berperan penting dalam proses peradilan bagi anak yang terlibat konflik hukum. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, Pasal 1 Angka 23, mendefinisikan Pembina
Kemasyarakatan (PK) sebagai Petugas Pemasyarakatan yang bertugas melakukan Penelitian Masyarakat (Litmas), memberikan bantuan, bimbingan, dan pengawasan kepada klien, baik selama maupun setelahnya. proses peradilan pidana. Namun dalam banyak kasus, terdapat pemahaman umum bahwa tidak tercapai kesepakatan dalam proses mediasi antara korban dan pelaku, sehingga muncul penilaian bahwa Pendamping Kemasyarakatan belum menjalankan tugasnya sebagai mediator antara kedua pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keterlibatan pembimbing kemasyarakatan dalam pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana Anak dan (2) Mengkaji dan mengevaluasi tujuan dan signifikansi temuan-temuan penelitian kemasyarakatan yang diberikan oleh para penasihat masyarakat sebagai bahan pertimbangan hakim dalam memutus perkara pidana anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan meneliti data primer yang diperoleh melalui Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, Pembimbing Kemasyarakatan memainkan peran penting dalam membantu anak-anak yang berkonflik dengan hukum dalam sistem peradilan anak dengan memberikan dukungan dan bimbingan selama proses peradilan. Laporan Hasil Penelitian Masyarakat memegang peranan penting dalam perkara pidana anak sesuai Pasal 60 ayat (4) UU SPPA. Kegagalan untuk mempertimbangkan laporan-laporan ini oleh Hakim akan menjadikan keputusan tersebut batal demi hukum.
Kata kunci: pembimbing kemasyarakatan, peradilan, pidana anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembimbing kemasyarakatan, peradilan, pidana anak
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:52
Last Modified: 30 Apr 2024 08:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22745

Actions (login required)

View Item View Item