Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA GETARAN, DURASI KERJA, DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI UNIVERSITAS DIPONEGORO TEMBALANG

ARIADINI, YAOMI SHAFA (2024) HUBUNGAN ANTARA GETARAN, DURASI KERJA, DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI UNIVERSITAS DIPONEGORO TEMBALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO YAOMI.pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

Pengemudi ojek online bekerja dengan mengemudikan sepeda motor dan pastinya banyak terjadi tekanan pada bagian pergelangan hingga jari tangan akibat gerakan mengemudi. Gerakan tersebut dapat memicu terjadinya gangguan muskuloskeletal pada pengemudi ojek online, yaitu carpal tunnel syndrome (CTS). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara getaran, durasi kerja, dan masa kerja dengan keluhan CTS pada pengemudi ojek online di Universitas Diponegoro Tembalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dilakukan melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pengemudi ojek online di Universitas Diponegoro Tembalang yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel getaran (p-value = 0,047) dan masa kerja (p-value = 0,038) memiliki hubungan dengan keluhan CTS. Berdasarkan hasil tersebut, penyedia jasa dapat memberikan penyuluhan terkait CTS kepada mitra pengemudi dan para pengemudi dapat lebih memperhatikan waktu bekerja, kebiasaan mengistirahatkan tangan saat waktu kosong, dan penggunaan APD berupa sarung tangan.

Kata kunci : sindrom lorong karpal; getaran; durasi kerja; masa kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:34
Last Modified: 24 Apr 2024 01:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item