Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SUPLEMENTASI TABLET BESI TERHADAP TINGKAT KELELAHAN KERJA PADA PERAWAT PEREMPUAN UNIT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

SAPUTRA, FAUZAN IHZA (2024) PENGARUH SUPLEMENTASI TABLET BESI TERHADAP TINGKAT KELELAHAN KERJA PADA PERAWAT PEREMPUAN UNIT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FAUZAN.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Pemenuhan zat besi mengacu pada harapan tercapainya kondisi ideal setiap manusia yakni kestabilan metabolisme tubuh, sehingga sangat krusial utamanya bagi kalangan perempuan mengingat adanya siklus tiap bulan yang mereduksi zat tersebut. Adanya peran ganda sebagai tambahan beban bagi perempuan yang bekerja juga menjadikan pekerja perempuan termasuk kategori yang rentan mengalami stres kerja hingga kelelahan kerja. Sektor keperawatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang yang didominasi oleh perempuan dengan beban kerja yang semakin kompleks karena menjadi salah satu pusat rujukan fasilitas kesehatan di jalur pantai utara serta lokasi yang sering mengalami banjir, sangat erat dengan kelelahan kerja yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh suplementasi tablet besi terhadap tingkat kelelahan kerja pada perawat perempuan unit rawat inap. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimental dan rancangan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah perawat perempuan unit rawat inap di Rumah Sakit Sultan Agung Semarang, dengan sampel berjumlah 40 orang menggunakan metode purposive sampling. Variabel terikat pada penelitian ini adalah tingkat kelelahan kerja yang diukur menggunakan aplikasi reaction time untuk mengetahui kecepatan reaksi, sedangkan variabel bebasnya adalah suplementasi tablet besi selama 4 pekan dengan 2 kali konsumsi setiap pekannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecepatan reaksi responden dengan rata-rata 44,8 milidetik. Uji statistik yang digunakan adalah uji Paired T-Test dengan hasil pengukuran menunjukkan p-value 0,0001 (p<0,05), sehingga diketahui ada perbedaan pada sebelum dan sesudah suplementasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa suplementasi tablet besi berpengaruh dalam peningkatan kecepatan reaksi responden yang bermakna penurunan tingkat kelelahan kerja.
Kata Kunci : Pekerja Perempuan, Kelelahan Kerja, Suplementasi Tablet Besi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:44
Last Modified: 23 Apr 2024 08:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item