Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Posisi Tidur terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Studi pada Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Emeralda, Anna Mulia and Susanto, Hardhono and Belladonna, Maria and ADJI, RADEN MAS SOERJO (2023) Pengaruh Posisi Tidur terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Studi pada Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
Abstrak_Anna Mulia Emeralda.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar belakang: Keluhan nyeri punggung bawah merupakan masalah umum akibat gangguan muskuloskeletal. Berdasarkan faktor pemicu posisi statis atau diam dalam jangka waktu lama juga menyebabkan ketegangan otot dan kerengangan ligamenta akan menimbulkan nyeri punggung bawah. Umumnya seseorang tidur dengan posisi tertentu dapat menyebabkan ketegangan otot pada vertebrae.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara posisi tidur dengan keluhan nyeri punggung bawah dengan memperhatikan faktor indeks massa tubuh.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan belah lintang (cross-sectional) yang merupakan penelitian analitik observasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang memenuhi kriteria inklusi. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas adalah posisi tidur dengan variabel terikat
keluhan nyeri punggung bawah dan variable perancu berupa indeks massa tubuh.
Hasil: Sebanyak 27 subjek (75,0%) memiliki indeks massa tubuh normal dengan keluhan nyeri punggung bawah. Rata-rata tertinggi posisi tidur subjek yaitu, terlentang sebesar 72,2% dengan intensitas nyeri ringan sebanyak 29 subjek (80,6%). Pada penelitian ini nilai p = 0,002 yang secara signifikan menunjukkan hubungan posisi tidur dengan kuesioner BPI (Brief Pain Inventory).
Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara posisi tidur dengan keluhan nyeri punggung bawah. Selain itu, IMT sebagai variabel perancu berpengaruh kurang dominan dibandingkan dengan posisi tidur sebagai variabel bebas terhadap nyeri punggung bawah pada mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata kunci: Posisi Tidur, Indeks Massa Tubuh, Nyeri Punggung Bawah, Brief Pain Inventory

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Posisi Tidur, Indeks Massa Tubuh, Nyeri Punggung Bawah, Brief Pain Inventory
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:59
Last Modified: 24 Apr 2024 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22653

Actions (login required)

View Item View Item