Search for collections on Undip Repository

ANALISIS MEKANISME PENGGALIAN MORAL JUSTICE DAN SOSIAL JUSTICE SEBAGAI PERTIMBANGAN VONIS HAKIM DALAM PERKARA NOMOR 58/PID.B/2020/PN.LMJ _027 ACARA 2024

SEMBODO, SINDU BUDI PRIYO and Cahyaningtyas, Irma and Putrijanti, Aju (2024) ANALISIS MEKANISME PENGGALIAN MORAL JUSTICE DAN SOSIAL JUSTICE SEBAGAI PERTIMBANGAN VONIS HAKIM DALAM PERKARA NOMOR 58/PID.B/2020/PN.LMJ _027 ACARA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pokok permasalahan yang akan diteliti dan dianalisis pada studi kasus hukum ini yaitu mekanisme dan pengaruh moral justice dan social justice terhadap vonis perkara dalam putusan nomor 58/Pid.B/2020/PN LMJ yakni mengenai prosedur Majelis Hakim dalam mempertimbangkan eksistensi moral justice dan social justice serta urgensi moral justice dan social justice dalam sebuah putusan. Studi kasus hukum ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan moral justice dan social justice oleh Majelis Hakim sebagai salah satu pertimbangan dalam menjatuhkan vonis terhadap terdakwa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yuridis empiris, dan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan Majelis Hakim telah mempertimbangkan adanya moral justice serta sosial justice dan tidak semata-mata mempertimbangkan legal justice. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan gejolak sosial serta memperhatikan dampak sosial sehingga dapat dicapai minimal keadilan hukum (legal justice), keadilan moral (moral justice), dan keadilan sosial (social justice). Mekanisme penggalian moral justice dan sosial justice sebagai pertimbangan vonis hakim dalam perkara nomor 58/Pid.B/2020/Pn.Lmj dilakukan dengan menganalisis keadaan yang meringankan serta keadaan yang memberatkan bagi terdakwa. Mengingat ancaman pidana dari tindak pidana yang telah dilakukan oleh Terdakwa, dihubungkan dengan keadaan yang memberatkan dan yang meringankan tersebut di atas serta dengan memperhatikan akibat yang ditimbulkan oleh perbuatan Terdakwa, dianalisis berdasarkan konstruksi berpikir hakim dalam menjatuhkan putusan serta berdasarkan teori pembuktian dan teori keadilan, maka pidana yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim kepada Terdakwa dalam amar Putusannya dipandang telah pantas dan sesuai serta memenuhi rasa keadilan.
Kata Kunci: Keadilan Moral, Keadilan Sosial, Pertimbangan Vonis Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:45
Last Modified: 22 Apr 2024 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22642

Actions (login required)

View Item View Item