Search for collections on Undip Repository

ANALISIS LEGALITAS PENAHANAN KAPAL ARCTIC SUNRISE DAN AKTIVIS GREENPEACE OLEH RUSIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM LAUT INTERNASIONAL. _010 HI 2024

ZHAVIRA, ALYA NELVINA and Trisetyawanta, Lazarus Tri and Warno, Nuswantoro Dwi (2024) ANALISIS LEGALITAS PENAHANAN KAPAL ARCTIC SUNRISE DAN AKTIVIS GREENPEACE OLEH RUSIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM LAUT INTERNASIONAL. _010 HI 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
ALYA NELVINA_cover.pdf

Download (656kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
ALYA NELVINA_dapus.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini membahas megenai bagaimana legalitas penangkapan dan penahanan Kapal Arctic Sunrise dan Aktivis Greenpeace yang melakukan aksi protes terhadap kilang minyak Prirazlomnaya yang terletak di zona ekonomi eksklusif Rusia. Selanjutnya, membahas mengenai bagaimana putusan yang dikeluarkan oleh Permanent Court of Arbitration 2014-02 menyangkut kesesuaiannya dengan UNCLOS 1982 yang diajukan oleh Belanda sebagai Pemohon dan Rusia sebagai Termohon. Di luar laut territorial negara tidak memiliki kedaulatan penuh tetapi diberikan hak berdaulat untuk melakukan eksplorasi dengan tetap memperhatikan hak negara lain di laut lepas termasuk hak kebebasan navigasi. Penulis menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan jenis data sekunder berupa UNCLOS 1982, Putusan Permanent Court of Arbitration 2014-02 dan didukung konvensi lain yang berkaitan. Kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang bertujuan untuk menganalisis penahanan yang dilakukan oleh Rusia terhadap kapal Arctic Sunrise dan aktivis Greenpeace, sehingga dapat dideskripsikan dan menemukan sebuah jawaban dari permasalahan. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Pasal 56 dan 60 UNCLOS 1982, penangkapan dan penahanan kapal Arctic Sunrise dan aktivis Greenpeace sah karena telah melakukan pelanggaran terhadap hak berdaulat dengan melewati zona keselamatan di sekitar Prirazlomnaya. Namun, tuduhan pembajakan yang diajukan Rusia tidak terbukti karena tidak memenuhi unsur-unsur untuk dikatakan sebagai pembajakan.
Kata Kunci : Penahanan, Arctic Sunrise, Hak Berdaulat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penahanan, Arctic Sunrise, Hak Berdaulat
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:44
Last Modified: 22 Apr 2024 01:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22618

Actions (login required)

View Item View Item