Search for collections on Undip Repository

Penyelesaian Masalah Transportasi Multi Objektif dengan Parameter Berbentuk Interval dengan Menggunakan Teknik Pemrograman Fuzzy

Mumpuni, Ermin Diah (2024) Penyelesaian Masalah Transportasi Multi Objektif dengan Parameter Berbentuk Interval dengan Menggunakan Teknik Pemrograman Fuzzy. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - ermin diah.pdf

Download (365kB)
[img] Text
File 2 (Daftar isi, bab 1, bab 3, bab 4) - ermin diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
File 3 (Daftar Pustaka) - ermin diah.pdf

Download (75kB)

Abstract

"Keputusan mengenai masalah transportasi bukan lagi sekadar masalah optimasi biaya, melainkan juga memerlukan pendekatan lain yang dapat mengoptimalkan berbagai tujuan sekaligus, terutama ketika dihadapkan dengan data yang tidak pasti. Teknik Pemrograman Fuzzy digunakan karena dapat memformulasikan masalah dengan pendekatan interval untuk mengakomodasi ketidakpastian dalam permintaan (demand), persediaan (supply), dan fungsi tujuan serta penggunaan multi objektif untuk mencakup beberapa tujuan sekaligus. Metode ini dipilih karena menghasilkan solusi kompromi atau solusi optimal Pareto yang merupakan solusi yang dapat diterima oleh semua tujuan. Diberikan simulasi numerik yang mengilustrasikan adanya kemungkinan terkait masalah transportasi multi objektif bentuk interval yang ada di kehidupan nyata. Penyelesaian masalah transportasi multi objektif berbentuk interval dimulai dengan mengubahnya menjadi masalah tujuan tunggal dengan penegasan interval menggunakan nilai tengah dan batas atas. Kemudian, dibentuk fungsi keanggotaan menggunakan nilai fungsi tujuan, nilai maksimum dan nilai minimum yang sudah diperoleh untuk masing-masing tujuan. Selanjutnya, masalah program linear yang ekuivalen dengan permasalahan tersebut diselesaikan dengan bantuan software LINDO. Hasilnya, diperoleh solusi optimal Pareto untuk masalah transportasi multi objektif dengan parameter berbentuk interval.
Kata kunci: Masalah transportasi, masalah transportasi interval multiobjektif, solusi optimal Pareto, teknik pemrograman fuzzy."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 07 Apr 2024 07:29
Last Modified: 07 Apr 2024 07:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22572

Actions (login required)

View Item View Item