Search for collections on Undip Repository

ANALISIS BUY BACK GUARANTEE DALAM PERJANJIAN ANTAR BANK DENGAN DEVELOPER PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus Antara PT Bank Permata Tbk Dengan PT Mitra Sari Makassar). _048 Perdata 2024

QATRUNNADA, ALICIA and Badriyah, Siti Malikhatun and Prananda, Rahandy Rizki (2024) ANALISIS BUY BACK GUARANTEE DALAM PERJANJIAN ANTAR BANK DENGAN DEVELOPER PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus Antara PT Bank Permata Tbk Dengan PT Mitra Sari Makassar). _048 Perdata 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Alicia Qatrunnada_cover.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
Alicia Qatrunnada_dapus.pdf

Download (187kB)

Abstract

Buy back guarantee adalah jaminan membeli kembali yang terdapat di dalam perjanjian jual beli yang lahir dari adanya asas kebebasan berkontrak. Pengaturannya belum diatur secara jelas di dalam undang-undang maupun KUHPerdata. Dalam pelaksanaannya buy back guarantee dapat dilihat pada perjanjian antar bank dengan Perusahaan Pembangunan Rumah (developer) pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami mengenai pengaturan dan legalitas perjanjian buy back guarantee sebagai bentuk jaminan dalam KPR antara bank dengan developer serta tanggung jawab developer pada user (nasabah) dan bank terkait buy back guarantee pada KPR.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis-Normatif yang bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan penulis yaitu Jenis Data Sekunder. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data Studi Kepustakaan. Dengan teknik analisis bahan hukum pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini ialah legalitas perjanjian buy back guarantee antara bank dengan developer dilakukan berdasarkan asas kebebasan berkontrak dan konsensualisme di mana para pihak dibebaskan untuk menyepakati isi perjanjian dan objek perjanjian sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan bersama sepanjang
tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku. Sedangkan pertanggung jawaban developer pada KPR didasari adanya perjanjian dengan bank dan user. Dalam hal ini, konsep pertanggung jawaban dalam KUHPerdata dikenal sebagai istilah prestasi yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan.
Kata Kunci : Buy Back Guarantee; Kredit Pemilikan Rumah; Perjanjian; Kebebasan Berkontrak; Prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buy Back Guarantee; Kredit Pemilikan Rumah; Perjanjian; Kebebasan Berkontrak; Prestasi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:17
Last Modified: 05 Apr 2024 07:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item