Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI (Studi Kasus: Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta). _049 DAGANG 2024

PURWANTO, RACHEL ANINDA PUTRI and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI (Studi Kasus: Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta). _049 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - cover.pdf

Download (683kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
Rachel Aninda Putri Purwanto - dapus.pdf

Download (49kB)

Abstract

Koperasi merupakan sekumpulan orang yang melakukan kegiatan ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong. Eksistensi koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa sangat berpengaruh dalam hal kesejahteraan ekonomi baik bagi anggota koperasi itu sendiri maupun bagi masyarakat luas. Salah satu koperasi yang sedang menjadi perbincangan publik adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta di mana koperasi tersebut telah mengalami gagal bayar dan total kerugian para nasabahnya menyentuh angka Rp106 triliun. Penelitian dengan judul “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI (STUDI KASUS: KOPERASI SIMPAN PINJAM INDOSURYA CIPTA)” memiliki rumusan masalah yakni bagaimana hak yang dimiliki oleh nasabah penyimpan dana pada Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta berdasarkan Undang-Undang
tentang Perkoperasian yang berlaku di Indonesia dan bagaimana perlindungan hukum bagi nasabah penyimpan dana pada Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis-normatif dengan meneliti data sekunder belaka. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Adapun data yang digunakan merupakan hasil literature research berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai saksi verbalisan dalam proses persidangan.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa KSP Indosurya Cipta telah banyak melanggar asas, prinsip, dan ketentuan mengenai koperasi yang tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Perlindungan hukum bagi nasabah KSP Indosurya Cipta yang diberikan oleh pengadilan adalah Pasal 46 Undang-Undang Perbankan dimana KSP Indosurya Cipta dianggap sebagai bank gelap yang telah melakukan kegiatan perbankan tanpa izin dari Bank Indonesia.
Kata kunci: Koperasi., Nasabah., Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koperasi., Nasabah., Perlindungan Hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:26
Last Modified: 05 Apr 2024 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22519

Actions (login required)

View Item View Item