Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM PADA TINDAKAN MALAPRAKTIK OLEH DOKTER ANESTESI DI RUMAH SAKIT TANGERANG SELATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA. _031 Perdata 2024

PUTRI, FARISSA DWINANDA and Aminah, Aminah and Suharto, R. Suharto (2024) ANALISIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM PADA TINDAKAN MALAPRAKTIK OLEH DOKTER ANESTESI DI RUMAH SAKIT TANGERANG SELATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA. _031 Perdata 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
Farissa Dwinanda Putri - dapus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hubungan antara dokter dan pasien timbul karena adanya perjanjian terapeutik yang kemudian menimbulkan perikatan di antara keduanya. Perjanjian ini memberikan kewenangan kepada seorang dokter untuk melaksanakan pelayanan kesehatan melalui keterampilannya serta melakukan pengobatan dengan sungguh-sungguh demi kesembuhan pasien. Namun, tidak semua pelayanan kesehatan berjalan dengan baik. Adakalanya seorang dokter melakukan kesalahan atau kelalaian sehingga melanggar aturan yang dapat menimbulkan perbuatan malapraktik dan berujung pada perbuatan melawan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat unsur perbuatan melawan hukum dalam kasus dokter anestesi di Rumah Sakit Buah Hati serta tanggung jawab dokter akibat dari perbuatan melawan hukum karena tindakan medis tersebut. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan pendekatan yuridis-empiris dimana mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai suatu perilaku yang nyata sebagai suatu gejala yang dialami setiap orang dengan melakukan analisis data secara kualitatif yang kemudian dituangkan secara deskriptif analitis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara serta data sekunder berupa buku, jurnal ilmiah, dan peraturan perundang-undangan. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan dengan terbuktinya unsur perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh dokter anestesi akibat melanggar standar prosedur operasional dan memberikan kewajiban bagi dokter serta rumah sakit untuk dapat bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukan melalui ganti kerugian terhadap korban.
Kata Kunci: Perjanjian Terapeutik, Malapraktik, Perbuatan Melawan Hukum, Tanggung Jawab Dokter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Terapeutik, Malapraktik, Perbuatan Melawan Hukum, Tanggung Jawab Dokter
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:07
Last Modified: 04 Apr 2024 07:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item