Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN “HARI BANGGA BUATAN INDONESIA” DAN CITRA MEREK “ERIGO” TERHADAP MINAT BELI

Salsabella, Anisa Dinda (2024) PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN “HARI BANGGA BUATAN INDONESIA” DAN CITRA MEREK “ERIGO” TERHADAP MINAT BELI. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Melalui program Hari Bangga Buatan Indonesia, pemerintah
memproyeksikan transaksi belanja online pada hari BBI ini melampaui Rp11,6
triliun. Namun, berdasarkan riset NielsenIQ, sumbangan penjualan produk lokal
tercatat hanya Rp8,5 triliun dari total transaksi Rp18,1 triliun pada 2021. Padahal
pelaksanaan belanja online nasional atau yang bertepatan pada Hari Bangga Buatan
Indonesia ini diadakan dalam jangka waktu yang lebih lama yakni selama sembilan
hari, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya digelar selama dua hari saja (11
- 12 Desember). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan
promosi penjualan “Hari Bangga Buatan Indonesia” dan citra merek “Erigo”
terhadap minat beli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration
Likehood Model. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang berusia
18-28 tahun yang tinggal di Indonesai dan mengetahui promosi penjualan Hari
Bangga Buatan Indonesia. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini yaitu
non-probability sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan promosi
penjualan “Hari Bangga Buatan Indonesia” terhadap minat beli dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 dan memiliki besaran pengaruh sebesar 15,64%. Kedua,
terdapat pengaruh citra merek “Erigo” terhadap minat beli dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 dan memiliki besaran pengaruh sebesar 44,58%. Ketiga, terpaan
promosi penjualan “Hari Bangga Buatan Indonesia” dan citra merek “Erigo” secara
simultan (bersama-sama) berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli
dengan besaran pengaruh sebesar 60,2%.
Kata Kunci : Promosi penjualan, citra merek, minat beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:50
Last Modified: 26 Apr 2024 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item