Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INTENSITAS MENONTON LIVE STREAMING PENJUALAN (LAZLIVE) DI LAZADA DAN AKTIVITAS WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DI LAZADA.

Fadila, Jihan Nur (2024) PENGARUH INTENSITAS MENONTON LIVE STREAMING PENJUALAN (LAZLIVE) DI LAZADA DAN AKTIVITAS WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DI LAZADA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Persaingan antar e-commerce membuat adu strategi masing-masing antar
platform. Tak ingin kalah saing dengan kompetitornya Lazada membuat fitur
penjualan melalui live streaming pada tahun 2019 fitur tersebut disebut dengan
LazLive yang diharapkan mampu untuk meningkatkan jumlah penjualan atau
transaksi di Lazada. Pada kenyataannya jumlah transaksi dan penjualan di Lazada
berada di urutan terbawah dibandingkan dengan kompetitornya. Terlebih pada
momentum Harbolnas 12.12 tahun 2023 dimana tentunya momentum tersebut
menjadi kesempatan untuk pemilik usaha dalam memaksimalkan penjualannya.
Keinginan seseorang untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh penilaian yang
berasal dari aktivitas word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh intensitas menonton live streaming penjualan (LazLive) di
Lazada dan aktivitas word of mouth terhadap minat beli di Lazada. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Cognitive Response Theory dan Traditional
Word Of Mouth Communication Theory.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 orang yang berusia 18-55
tahun pernah menonton dan mendengar serta melakukan aktivitas word of mouth
baik online maupun offline tentang LazLive dan berdomisili di pulau Jawa. Teknik
pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non-probability dengan
pendekatan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat
pengaruh yang signifikan pada variabel intensitas menonton live streaming
penjualan (LazLive) di Lazada (X1) terhadap minat beli di Lazada (Y), diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,001 dimana angka tersebut lebih kecil atau kurang dari
(<) 0,05 dengan koefisien regresi sebesar 0,098. Begitu juga pada variabel aktivitas
word of mouth (X2) terhadap minat beli di Lazada (Y), diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,000 dimana angka tersebut lebih kecil atau kurang dari (<) 0,05 dengan
koefisien regresi sebesar 0,080 yang artinya signifikan dan terdapat pengaruh.
Kata Kunci: Intensitas Menonton, Aktivitas Word Of Mouth, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:45
Last Modified: 02 Apr 2024 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item