Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS STRATEGI UP-SELLING OLEH PELAKU USAHA TANPA PERSETUJUAN KONSUMEN. _036 Dagang 2024

NURWIDYASTUTI, FELISA and Saptono, Hendro and Irawati, Irawati (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS STRATEGI UP-SELLING OLEH PELAKU USAHA TANPA PERSETUJUAN KONSUMEN. _036 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
Felisa Nurwidyastuti_dapus.pdf

Download (215kB)

Abstract

Dalam menjalankan bisnis, pelaku usaha menggunakan berbagai macam strategi untuk meningkatkan penjualan. Perkembangan bisnis yang terus berkembang dan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat memaksa pelaku usaha untuk melakukan berbagi strategi. Salah satu strategi yang digunakan pelaku usaha untuk
meningkatkan penjualan adalah strategi up-selling. Up-selling dilakukan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk serupa dengan harga yang lebih tinggi atau dapat dikatakan bahwa up-selling adalah teknik pemasaran untuk mempengaruhi minat pelanggan. Tetapi, tidak semua pelaku usaha melakukan strategi up-selling dengan baik. Dimana ditemukan pelaku usaha yang melakukan strategi up-selling tanpa persetujuan konsumen. Akibat dari hal tersebut konsumen tidak mendapatkan haknya secara utuh dan pelaku usaha tidak menjalankan kewajibannya secara utuh. Peristiwa tersebut menandai perlunya perlindungan hukum terhadap konsumen atas strategi up-selling yang dilakukan pelaku usaha tanpa persetujuan konsumen. Penulisan hukum mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen atas strategi up-selling yang dilakukan pelaku usaha tanpa persetujuan konsumen menggunakan pendekatan yuridis normatif yakni penelitian
kepustakaan dengan menyajikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, contoh kasus, dan analisis. Jenis dan sumber data yang digunakan untuk memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini, maka dibutuhkan data sekunder yang merupakan data yang berasal dari kepustakaan atau bahan hukum. Hingga saat
ini belum ada peraturan yang mengatur mengenai strategi up-selling sehingga mengenai strategi ini diatur secara umum dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu, diperlukan adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur dan mencakup mengenai strategi up-selling serta perlindungan terhadap konsumen yang dirugikannya, tanggung
jawab dari pelaku usaha, dan cara penyelesaian yang dapat dilakukan. Diperlukan juga kesadaran dari pelaku usaha dan konsumen terhadap hak dan kewajibannya masing-masing.
Kata kunci: Strategi Up-Selling, Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab Pelaku Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Up-Selling, Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab Pelaku Usaha
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:46
Last Modified: 03 Apr 2024 03:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item