Laksmana, Muhammad Kevin Surya (2024) PENGELOLAAN PRIVASI PADA PEKERJA KREATIF PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (397kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (262kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (832kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (244kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (203kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
Abstract
Teknologi digital dan media sosial yang berkembang pesat berdampak terhadap kemunculan berbagai peluang lapangan pekerjaan baru yang kemudian menggeser tren pekerjaan ke arah penggunaan media digital. Bagi video creator, animator, fotografer, desainer grafis, atau influencer, keberadaan platform media sosial Instagram dapat dimanfaatkan untuk membentuk representasi diri yang menunjang pekerjaan, sekaligus menjadi wadah untuk menjadi dirinya sendiri dengan bebas. Melalui ruang yang dianggap aman ini, pengguna Instagram terkadang membagikan informasi-informasi yang sifatnya sangat pribadi dan cukup sensitif di media sosial. Karenanya kesadaran dan pengetahuan dalam berperilaku pada media sosial diperlukan untuk meminimalisir risiko-risiko yang mungkin muncul dari kebebasan berekspresi dan pengungkapan diri di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pekerja kreatif melakukan pengelolaan privasi melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, paradigma interpretif, pendekatan fenomenologi, serta teknik pengumpulan data in-depth interview. Dalam menganalisis pengalaman unik dari informan, digunakan teori Communication Privacy Management dan konsep presentasi diri dalam Dramaturgy Theory.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana pekerja kreatif pengguna Instagram berupaya mengelola privasinya guna membentuk self-image yang ideal untuk mendukung pekerjaannya. Dalam mengoperasikan Instagram dengan mempertimbangkan batasan informasi, pekerja kreatif melakukan serangkaian tahap mulai dari pengamatan, perencanaan, kategorisasi informasi, penerapan strategi, hingga pengawasan terhadap unggahan. Penelitian ini juga menyoroti bahwa terdapat sejumlah kriteria yang dipertimbangkan oleh pekerja kreatif untuk mengatur batasan privasinya dalam upaya pembukaan diri. Masing-masing memiliki motif tertentu dalam mengunggah informasi, dengan memperhatikan aspek budaya, konteks sosial, dan nilai-nilai gender, serta memperhitungkan risiko serta manfaat yang akan dirasakan sebagai dampak dari pembukaan diri. Selain itu, presentasi diri yang ideal di Instagram juga diwujudkan oleh pekerja kreatif dengan menggunakan strategi seperti self-promotion dan juga ingratiation.
Kata Kunci : Pengelolaan Privasi, Presentasi Diri, Pekerja Kreatif, Media Sosial, Instagram
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 05:01 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 05:01 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22327 |
Actions (login required)
View Item |