Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGENTASAN PENYAKIT MENULAR TUBERKULOSIS DI PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI SALAH SATU TUJUAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. _012 HAN 2024

AULIA, TIA RIZQI and Adiyanta, FC. Susila and Azhar, Muhamad (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGENTASAN PENYAKIT MENULAR TUBERKULOSIS DI PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI SALAH SATU TUJUAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. _012 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
TIA RIZQI AULIA_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_abstrak.pdf

Download (51kB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
TIA RIZQI AULIA_dapus.pdf

Download (398kB)

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui udara oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang masih menjadi epidemi global sebagai ancaman kesehatan bagi masyarakat, salah satunya di negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah masih memegang peringkat 2 dengan kasus tuberkulosis terbanyak di Indonesia.
Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai cita-cita negara dunia salah satunya yaitu pada tujuan ke-3 kesehatan untuk kesejahteraan, yang mencanangkan target dan tujuan untuk
mengentaskan penyakit menular tuberkulosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek penanggulangan tuberkulosis dalam kacamata hukum dan mengetahui implementasi program pengentasan penyakit menular tuberkulosis di Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu tujuan SDGs serta peran pemerintah dalam menanggulanginya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dilakukan upaya-upaya pengentasan tuberkulosis oleh pemerintah baik di pusat maupun daerah dengan mengimplementasikannya dalam bentuk peraturan dan peraturan turunannya dan kebijakan berupa program pengentasan tuberkulosis, namun masih belum mencapai target karena hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya serta program yang tidak adaptif, maka dari itu perlunya disiplinitas dan komitmen bagi semua pihak untuk menumpaskan TB 2030. Pemerintah dapat mencontoh upaya penanggulangan TB yang dilakukan oleh negara lain, salah satunya yang dicetuskan oleh ilmuwan Inggris yakni dengan membuat inovasi baru obat TB yang lebih praktis tanpa harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.
Kata Kunci: Tuberkulosis, SDGs, Kesehatan, Mycobacterium tuberculosis, Provinsi Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, SDGs, Kesehatan, Mycobacterium tuberculosis, Provinsi Jawa Tengah
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:26
Last Modified: 03 Apr 2024 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22308

Actions (login required)

View Item View Item