As Shidiq, Fandy Akhmad (2024) ANALISA PERFORMA STABILITAS KAPAL PLATFORM SUPPLY VESSEL (PSV) UNTUK MENDAPATKAN KEMAMPUAN ANTI CAPSIZE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
S_Fandy Akhmad As Shidiq.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
S_Fandy Akhmad As Shidiq COVER.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text
S_Fandy Akhmad As Shidiq ABSTRAK.pdf - Published Version Download (239kB) |
Abstract
Kemajuan dalam dunia minyak bumi dan gas mendorong berkembangnya eksplorasi
terhadap perairan lepas pantai. Dalam dunia kemaritiman, kapal juga berfungsi sebagai sarana
transportasi untuk oil rig facility dan platform penyimpanan minyak lepas pantai. Pengembangan
terhadap struktur offshore platform, kini memungkinkan kapal bisa mengirim dan memuat
kebutuhan dan komponen platform. Kapal Platform Supply Vessel (PSV) ini berdinas membantu
oil rig platform dan anjungan dengan menyuplai bahan persediaan, bahan bakar, perlengkapan,
perkakas dan barang yang diperlukan oleh anjungan lepas pantai. Dengan adanya aktivitas
pengangkutan muatan yang dilakukan oleh kapal ini, menyebabkan terjadinya perpindahan titik
berat kapal yaitu titik G centre of gravity (G), yang bisa mempengaruhi pada stabilitas kapal
tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menganalisa dan melakukan perhitungan
seberapa besar dampaknya terhadap stabilitas kapal, karena perpindahan titik ini dapat
menyebabkan capsizing, lebih buruknya kapal tenggelam.
Penelitian ini akan menganalisa stabilitas pada kapal Platform Supply Vessel (PSV),
dengan menggunakan beberapa bantuan software seperti AutoCAD dan Maxsurf, dimana untuk
perancangan desain gambar 2D menggunakan software AutoCAD, desain pemodelan kapal 3D
menggunakan software Maxsurf Modeller Advanced. Perhitungan analisis stabilitas akan
memanfaatkan bantuan software Maxsurf Stability Advanced dan memenuhi kriteria stabilitas
yang telah ditentukan oleh ketentuan regulasi IMO (International Maritime Organization).
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kapal untuk menyeimbangkan
posisi tegaknya dalam keadaan gelombang laut yang tenang dan keadaan kapal statis, dan untuk
mendapatkan desain kapal dengan nilai righting arm dan heeling angle yang besar (melebihi 1
rad) sehingga dapat menghasilkan kemampuan anti capsize. Analisa stabilitas dilakukan pada
kapal PSV sebanyak 6 variasi kondisi loadcase kapal berdasarkan kriteria International Maritime
Organisation (IMO) yaitu ketentuan IMO (International Maritime Organization) Resolution Code
A.749 (18) Ch 3 – design criteria applicable to all ship Amended by MSC.75 (69) Static Stability
diperoleh data hasil dimana kondisi loadcase II yaitu Kondisi Full Loaded Deaprture
mendapatkan data nilai derajat keolengan tertinggi dari seluruh variasi kondisi loadcase, dengan
nilai lengan penegak maksimal (GZ) 4,122 m dengan heeling degree 70,9° pada kapal PSV. Kapal
memiliki berat LWT atau lightship seberat 3185 Ton, nilai LCG (Longitudinal Center of Gravity)
dan VCG (Vertical Centre of Gravity), LCG -4,350 m, VCG -3,236 m. Hasil perhitungan seluruh
variasi kondisi loadcase menghasilkaSn data bahwa stabilitas dari kapal PSV dinyatakan sudah
memenuhi standar (pass) yang ditentukan oleh standar IMO, sehingga dapat disimpulkan bahwa
kapal PSV ini memiliki kemampuan stabilitas yang baik dan aman. Pada beberapa percobaan uji
analisa stabilitas pada keseluruhan variasi kondisi loadcase kapal menghasilkan rata-rata nilai
letak titik G (gravity) yang sudah serendah mungkin, bahkan ada yang di bawah nilai letak titik B
(buoyancy), dimana dari masing-masing kondisi loadcase memiliki nilai lengan penegak GZ dan
heeling angle yang relatif besar (melebihi 1 rad = 57,32…0
).
Kata Kunci: Stabilitas, PSV (Platform Supply Vessel), Anti Capsize, IMO, Titik Berat (G),
Loadcase, Lengan Penegak, Derajat Kemiringan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stabilitas, PSV (Platform Supply Vessel), Anti Capsize, IMO, Titik Berat (G), Loadcase, Lengan Penegak, Derajat Kemiringan |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Ship Building |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 02:14 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 02:14 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22277 |
Actions (login required)
View Item |