Search for collections on Undip Repository

SINTESIS, UJI IN SILICO, DAN UJI IN VITRO ANTIBAKTERI DARI SENYAWA N-((4-bromophenyl)carbamothioyl)-2-phenylacetamide

Kangiden, Hanan Hanifa Ibtihal Isma and Prabhata, Wimzy Rizqy and Sasikirana, Widyandani (2024) SINTESIS, UJI IN SILICO, DAN UJI IN VITRO ANTIBAKTERI DARI SENYAWA N-((4-bromophenyl)carbamothioyl)-2-phenylacetamide. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (HANAN HANIFA IBTIHAL ISMA-22010319140078-KTI-ABSTRAK)
HANAN HANIFA IBTIHAL ISMA-22010319140078-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (175kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes sangat rentan terhadap terjadinya infeksi dan infeksi kaki diabetes adalah pemicu paling banyak untuk melakukan amputasi ekstremitas bawah. Untuk penyakit infeksi, antibiotik banyak digunakan sebagai obat utama untuk terapi. Namun, penggunaan antibiotik yang tidak rasional menyebabkan antibiotik menjadi resisten. Saat ini senyawa turunan thiourea banyak dikembangkan sebagai antibakteri untuk mengatasi resistensi antibiotik.
Tujuan: Mengetahui %yield, aktivitas antibakteri, serta potensi dan interaksi dari senyawa hasil sintesis N-((4-Bromophenyl)Carbamothioyl)-2-Phenylacetamide secara uji in silico.
Metode: Sintesis senyawa dilakukan dengan metode sintesis Xu, et al yang telah dimodifikasi. Senyawa hasil sintesis kemudian diuji kemurniannya dengan KLT dan melting point serta dilakukan uji karakteristik dengan spektrofotometri UV, IR, dan NMR. Hasil sintesis senyawa di uji secara uji in silico dengan target DNA gyrase-B dan uji in vitro menggunakan metode difusi cakram pada bakteri S. aureus.
Hasil: %yield yang dihasilkan senyawa hasil sintesis sebesar 11%. Pada uji in vitro didapatkan aktivitas antibakteri rata-rata zona hambat 8,875±0,534mm, menunjukkan aktivitas yang lemah. Pada uji in silico senyawa N-((4-Bromophenyl)Carbamothioyl)-2-Phenylacetamide memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan amoksisilin dengan nilai RS -88.0636 dan amoksisilin -70.9238
Kesimpulan: Senyawa hasil sintesis adalah senyawa N-((4-Bromophenyl)Carbamothioyl)-2-Phenylacetamide, memiliki potensi aktivitas yang baik dan berinteraksi dengan target DNA gyrase B, namun aktivitas antibakteri terhadap S.aureus tergolong lemah.

Kata kunci: antibakteri, difusi cakram, docking, sintesis, thiourea

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antibakteri, difusi cakram, docking, sintesis, thiourea
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:18
Last Modified: 02 Apr 2024 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22259

Actions (login required)

View Item View Item