Faizatunnisa, Raden Roro Gusmaya and Annisaa', Eva and Dini, Intan Rahmania Eka (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Swamedikasi Dengan Kepuasan Pasien di Apotek Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text (RADEN RORO GUSMAYA F-22010319130061-KTI-ABSTRAK)
RADEN RORO GUSMAYA F-22010319130061-KTI-ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
Abstract
Latar Belakang : Kualitas pelayanan swamedikasi sangat berkesinambungan dengan kepuasan pasien, pelayanan yang baik akan membuat pasien menjadi puas dan akan meningkat loyalitas. Berbagai studi menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien yang positif akan berefek pada keberlanjutan penggunaan fasilitas kesehatan yang bersangkutan.
Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kualitas pelayanan swamedikasi dengan kepuasan pasien di apotek wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang
Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional menggunakan instrumen lembar pengamatan dan kuesioner dengan sasaran responden pasien swamedikasi di apotek wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Pengambilan data apotek menggunakan teknik total sampling dan sampel responden ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling.
Hasil : Dari 28 sampel apotek dan 100 responden menunjukkan kualitas pelayanan swamedikasi di Kecamatan Tembalang mayoritas kurang baik sebesar 68%. Sedangkan kepuasan pasien menunjukkan pasien puas sebesar 100%. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kualitas pelayanan swamdikasi dengan kepuasan pasien di Kecamatan Tembalang dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,410 dan nilai korelasi 0,083.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara kualitas pelayanan swamedikasi dengan kepuasan pasien di Apotek wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Kata kunci: pelayanan kefarmasian, pelayanan swamedikasi, kualitas pelayanan, kepuasan pasien di apotek
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan kefarmasian, pelayanan swamedikasi, kualitas pelayanan, kepuasan pasien di apotek |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Pharmacy |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 01:42 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 01:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22222 |
Actions (login required)
View Item |