Search for collections on Undip Repository

PERENCANAAN STRATEGI REDUKSI TINGKAT KEBISINGAN PADA KAWASAN PERUMAHAN GRAHA ESTETIKA CLUSTER EKSEKUTIF AKIBAT AKTIVITAS OPERASIONAL JALAN TOL SEMARANG – SOLO DI AREA GERBANG TOL BANYUMANIK

Fahrani Azzahra, Erza (2024) PERENCANAAN STRATEGI REDUKSI TINGKAT KEBISINGAN PADA KAWASAN PERUMAHAN GRAHA ESTETIKA CLUSTER EKSEKUTIF AKIBAT AKTIVITAS OPERASIONAL JALAN TOL SEMARANG – SOLO DI AREA GERBANG TOL BANYUMANIK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
04b. Repository Tugas Akhir_Erza Fahrani Azzahra.pdf

Download (740kB)

Abstract

ABSTRAK
Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mewujudkan pemerataan
pembangunan nasional, salah satunya adalah dengan melaksanakan pembangunan
infrastruktur jalan tol. Namun selain manfaat dan dampak positif dari kegiatan
pembangunan dan operasionalnya, jalan tol juga menimbulkan dampak
lingkungan secara negatif terhadap lingkungan sekitar, salah satunya adalah
kebisingan. Pada penelitian ini, sumber bising merupakan kendaraan bermotor
yang melintas di Jalan Tol Semarang – Solo di area Gerbang Tol Banyumanik
dam penerima bising merupakan kawasan Perumahan Graha Estetika Cluster
Eksekutif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kebisingan
eksisting; 2) menganalisis kondisi terkini perkembangan kawasan terkait
pengendalian kebisingan; dan 3) menganalisis strategi yang dapat dilakukan agar
kebisingan dapat direduksi secara maksimal. Hasil tingkat kebisingan eksisting
menunjukkan bahwa sumber bising memiliki nilai 77,37 – 72,10 dBA dan pada
titik pengukuran penerima bising memiliki nilai 65,71 – 61,23 dBA sehingga
diketahui bahwa nilai tingkat kebisingan pada kondisi eksisting belum memenuhi
standar baku tingkat kebisingan yang ditetapkan. Kondisi terkini mengenai
perkembangan kawasan perumahan dalam pengendalian kebisingan sudah ada
dinding pembatas antar kawasan dan terdapat vegetasi di titik-titik tertentu yang
dapat mereduksi kebisingan. Pada penelitan ini terdapat 3 alternatif strategi yang
dapat dilakukan untuk mereduksi kebisingan, yaitu dengan penambahan tinggi
dinding dengan masing-masing desain berupa plain barrier, panel inverted L�profile, dan panel T-profile. Hasil perhitungan ketiga alternatif rencana strategi
menunjukkan bahwa ketiga alternatif tersebut mampu mereduksi kebisingan yang
sebelumnya belum memenuhi standar baku tingkat kebisingan (>55 dBA) menjadi
memenuhi standar di titik penerima dengan kisaran nilai 54,18 – 49,93 dBA.
Kata Kunci: Kebisingan, Jalan Tol, Perumahan, Dinding Penghalang Bising

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Depositing User: anik riyanti
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:56
Last Modified: 01 Apr 2024 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item