Search for collections on Undip Repository

​ANALISIS AKSESIBILITAS HALTE TRANSJAKARTA TERHADAP SMA DI JAKARTA SELATAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Reynaldi, Rafli (2024) ​ANALISIS AKSESIBILITAS HALTE TRANSJAKARTA TERHADAP SMA DI JAKARTA SELATAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
21110119130080-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Transportasi merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia, terutama di kota yang padat seperti Jakarta. Dengan populasi yang terus bertambah, mobilitas penduduk memerlukan sarana yang efektif dan terjangkau. Pemerintah daerah DKI Jakarta menyediakan fasilitas umum, termasuk transportasi publik, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Jakarta memiliki berbagai macam pilihan transportasi publik, seperti TransJakarta, MRT, KRL, dan LRT, yang tersedia dengan tarif yang terjangkau.TransJakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di wilayah Asia Tenggara dan telah beroperasi sejak tahun 2004. Dengan jalur lintasan yang tercatat sebagai salah satu terpanjang di dunia dengan berbagai halte yang dimiliki, TransJakarta menjadi sarana transportasi massal yang mendukung mobilitas penduduk di ibu kota yang padat. Pengguna TransJakarta terus bertambah setiap tahun, terutama siswa SMA yang merupakan pengguna terbesar.Dalam penelitian ini, aksesibilitas halte TransJakarta kepada SMA di Jakarta Selatan akan dilakukan. Faktor-faktor yang akan dipertimbangkan meliputi jarak antara sekolah dengan halte TransJakarta, Bus Stop Jaklingko, jalan, dan cakupan aksesibilitas terhadap zonasi sekolah. Analisis ini
menggunakan proses Service Area Analysis dan Closest Facility Analysis, yang merupakan bagian dari Analisis Jaringan untuk memetakan aksesibilitas halte TransJakarta secara visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SMA, Transportasi Umum, Halte Transjakarta, Aksesibilitas, Analisis Jaringan
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:54
Last Modified: 28 Mar 2024 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22193

Actions (login required)

View Item View Item