Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN DANDRUFF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Gunawan, Ilham Setia and Widyawati, Widyawati and Afriliana, Liza and Yuniati, Renni (2024) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN DANDRUFF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (31kB)

Abstract

Latar belakang: Dandruff adalah masalah yang terjadi pada kulit kepala, ditandai dengan rasa gatal dan adanya serpihan kecil berwarna putih atau abu-abu yang menumpuk dan menyebar di permukaan kulit kepala. Personal hygiene adalah rangkaian aktivitas sehari-hari dalam menjaga kebersihan tubuh mulai dari kulit, rambut, wajah, tangan, kuku, kaki, pakaian sampai dengan kebersihan dan kerapian tempat tidur. Faktor-faktor seperti iklim tropis, suhu tinggi, dan kelembapan yang tinggi juga berkontribusi terhadap prevalensi dandruff di Indonesia.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan personal hygiene dengan kejadian dandruff pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Subjek penelitian adalah 42 Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Pemilihan sampel menggunakan metode consecutive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Uji statistik menggunakan chi-square.
Hasil: Dari jumlah 42 sampel, angkatan didominasi oleh angkatan 2020 dengan jumlah 24 mahasiswa, usia didominasi oleh usia 21 tahun dengan jumlah 20 mahasiswa, dan personal hygiene mayoritas kurang baik dengan jumlah 22 mahasiswa. Setelah dilakukan analisis menggunakan uji Continuity Correction didapatkan nilai p-value 0,000 yang menunjukan hubungan signifikan antara personal hygiene terhadap kejadian dandruff.
Simpulan: Terdapat hubungan personal hygiene dengan kejadian dandruff.

Kata Kunci: Personal Hygiene, Dandruff, Mahasiswa Kedokteran Universitas Dipenegoro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Personal Hygiene, Dandruff, Mahasiswa Kedokteran Universitas Dipenegoro
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:03
Last Modified: 04 Apr 2024 04:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item