Search for collections on Undip Repository

MODAL SOSIAL DALAM KEPEMIMPINAN WALIKOTA SURAKARTA GIBRAN RAKABUMING RAKA: STUDI POLITIK DINASTI

Ahmalia, Aida Fitris (2024) MODAL SOSIAL DALAM KEPEMIMPINAN WALIKOTA SURAKARTA GIBRAN RAKABUMING RAKA: STUDI POLITIK DINASTI. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Aida Fitris.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (288kB)
[img] Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf - Submitted Version

Download (483kB)
[img] Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf - Submitted Version

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Dinasti politik sering kali digunakan untuk menggambarkan praktik "memberi" anggota keluarga posisi kekuasaan dalam hierarki politik. Politik kekeluargaan telah banyak mewarnai demokrasi di Indonesia hingga kini. Dalam Pilkada 2020 lalu Kota Surakarta muncul tokoh baru yang tampil dalam Pemilihan Walikota Surakarta yakni Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Putra Sulung dari Presiden RI Joko Widodo. Proses pencalonan dan keterpilihan Gibran dalam Pilwakot Surakarta 2020 tidak terlepas dari modal sosial yang dimilikinya dari hubungan kekeluargaannya dengan Joko Widodo. Kapasitas kepemimpinan Gibran selama menjadi Walikota Surakarta pun tidak terlepas dari peran ayahnya. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha melihat bagaimana pengaruh modal sosial yang dimiliki Gibran terhadap kepemimpinannya sebagai Walikota Surakarta dan meneliti sumber modal sosial Gibran apakah hanya berasal dari jaringan keluarganya atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari wawancara mendalam kepada aktor-aktor politik yang dinilai dekat dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka serta tokoh masyarakat dan tokoh muda.
Hasil dari penelitian ini adalah modal sosial Gibran berasal dari dinasti politik Jokowi sehingga mampu menaikkan elektabilitasnya sebagai tokoh publik. Bentuk dinasti politik yang Jokowi bangun adalah octopussy dynasty. Dinasti politik Joko Widodo ini sangat berpengaruh terhadap kepemimpinan Gibran sebagai Walikota Surakarta sehingga mendapat julukan “Walikota Top” dalam kurun waktu dua tahun kepemimpinan. Melalui jaringan kekeluargaan Jokowi, terdapat temuan adanya praktik politik gentong babi oleh Jokowi terhadap Kota Surakarta yang mampu membantu elektabilitas Walikota Surakarta Gibra Rakabuming Raka. Praktik politik distribusi berupa politik gentong babi ini digunakan untuk membingkai image Gibran sebelum namanya dinaikkan menjadi Calon Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024.
Kata Kunci: Dinasti Politik, Politik Distribusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:40
Last Modified: 03 Apr 2024 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22173

Actions (login required)

View Item View Item