Search for collections on Undip Repository

EVALUASI KEBIJAKAN "TUKA-TUKU PURBALINGGA" SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN PURBALINGGA

Prasetiyo, Ading Angga (2024) EVALUASI KEBIJAKAN "TUKA-TUKU PURBALINGGA" SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN PURBALINGGA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (469kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (177kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (857kB)

Abstract

Pemerintah Purbalingga mengeluarkan kebijakan Tuka-Tuku Purbalingga
yang memiliki tujuan sebagai media pemasaran, memberikan fasilitas untuk
pelaku usaha, dan mewujudkan masyarakat yang mencintai produk lokal UMKM
di Kabupaten Purbalingga. Selama keberjalanannya 5 tahun terakhir terdapat
masalah seperti kebijakan tidak menyasar kepada seluruh pelaku UMKM,
penjualan online yang stuck tidak mengalami peningkatan, dan motivasi pelaku
UMKM yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kebijakan Tuka
Tuku Purbalingga dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Informasi serta data yang didapatkan dilakukan dengan
cara menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Kemudian
wawancara dengan narasumber Kepala Bidang UMKM, Koordinator Tuka Tuku,
Admin Tuka Tuku, pelaku UMKM yang sudah tergabung dan yang belum
tergabung, serta 3 masyarakat yang pernah membeli produk Tuka Tuku
Purbalingga. Untuk menunjang data penelitian, maka penelitian ini juga
menggunakan studi literatur yang didapatkan dari internet, jurnal, dan dokumen
penting lainnya. Penelitian ini menggunakan indikator kriteria evaluasi kebijakan
menurut William N. Dunn yaitu Efektivitas; Efisiensi; Kecukupan; Pemerataan;
Responsivitas; Ketepatan. Hasil penelitian menunjukan 1) Efektivitas belum
berhasil karena kebijakan ini hanya mengarah kepada UMKM yang mapan saja.
2) Kebijakan ini sudah Efisien karena keuntungan yang diperoleh lebih besar
daripada biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjalankan kebijakan
Tuka Tuku Purbalingga. 3) Kecukupan belum berhasil karena perlu adanya SDM
yang mempunyai pengetahuan dalam digital marketing dan bisnis agar tercipta
inovasi baru. 4) Pemerataan belum berhasil karena yang tergabung ke dalam
Tuka-Tuku yang sudah lolos kurasi yang dilakukan oleh Dinkop UKM
Purbalingga hanya UMKM yang sudah mapan. 5) Responsovitas belum behasil
karena kurangnya sosialisasi yang aktif dari Tuka Tuku agar informasinya sampai
di lapisan masyarakat Purbalingga dan pelaku usaha. 6) Ketapatan sudah berhasil
dengan dibuktikan perubahan yang signifikan pelaku UMKM dari sebelum dan
sesudah tergabung ke dalam kebijakan tersebut. Saran yang tepat untuk kebijakan
Tuka-Tuku Purbalingga adalah Dinkop UKM Purbalingga perlu melakukan
pendalaman pemahaman terkait kebijakan Tuka Tuku kepada pelaku UMKM agar
memberi motivasi dan meningkatkan minat pelaku usaha, serta perlu adanya
keterbukaan akses informasi agar mudah dijangkau oleh pelaku UMKM dan
masyarakat.
Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, Tuka-Tuku Purbalingga, Faktor-Faktor
Keberhasilan dan Kegagalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:12
Last Modified: 27 Mar 2024 07:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22166

Actions (login required)

View Item View Item