Search for collections on Undip Repository

ANALISIS POLA DISTRIBUSI SPASIAL INTENSITAS SURFACE URBAN HEAT ISLAND (SUHI) KOTA BEKASI MENGGUNAKAN CITRA SENTINEL-3 SLSTR PERIODE 2019- 2023

Zufarahman, Rakha (2024) ANALISIS POLA DISTRIBUSI SPASIAL INTENSITAS SURFACE URBAN HEAT ISLAND (SUHI) KOTA BEKASI MENGGUNAKAN CITRA SENTINEL-3 SLSTR PERIODE 2019- 2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
21110119130043-Abstrak.pdf

Download (79kB)

Abstract

Pemanasan global yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan perkotaan dan industri menyebabkan terjadinya fenomena Surface Urban Heat Island (SUHI) di kota-kota besar Indonesia. Kota Bekasi mengalami peningkatan suhu sebesar 11,3℃ selama 30 tahun terakhir. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan peta intensitas SUHI Kota Bekasi dan Sekitarnya untuk mengetahui bagaiaman konsistensi fenomena SUHI di Kota Bekasi dan bagaiaman rekomendasi upaya penurunannya. Penelitian SUHI yang dilakukan menggunakan metode Urban Thermal Field Variance Index (UTFVI), yang selanjutnya dilakukan analisis Local Moran’s Index untuk mengetahui area yang konsisten terkena SUHI dengan dampak paling kuat. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Landsat 8 dan 9, Sentinel 1-A SLC, dan Tata Guna Lahan Kota Bekasi. Pola SUHI yang didapatkan dari hasil LST citra Landsat yang sebelumnya sudah diverifikasi dengan menggunakan data suhu permukaan in-situ dengan nilai RMSE 0,519 ℃ . Persebaran intensitas SUHI di Kota Bekasi dan sekitarnya dari tahun 2019-2023 didominasi oleh area tidak terdampak SUHI dan area terdampak SUHI paling kuat.
Area pemukiman, jalan, dan pekarangan menjadi area yang terbanyak terdampak SUHI di Kota Bekasi. Rekomendasi upaya penurunan yang diberikan kepada area yang konsisten terdampak SUHI adalah green roof, cool roof, cool pavement, dan green city model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Landsat, upaya penurunan SUHI, SUHI, suhu permukaan, UTFVI
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:28
Last Modified: 27 Mar 2024 06:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22161

Actions (login required)

View Item View Item