Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Zat Gizi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan Riwayat Penyakit Infeksi dengan Kejadian Stunting pada Balita di Daerah Pesisir

Permana Putri, Ghanes and Ratna Noer, Etika and Fithra Dieny, Fillah and Probosari, Enny Hubungan Asupan Zat Gizi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan Riwayat Penyakit Infeksi dengan Kejadian Stunting pada Balita di Daerah Pesisir. -. (Submitted)

[img] Text
Abstrak_Ghanes Permana Putri.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Stunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Asupan gizi yang buruk dan kondisi lingkungan pesisir yang sering terjadi banjir rob berdampak pada penurunan sanitasi lingkungan dan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat menyebabkan stunting melalui penyakit infeksi.
Tujuan: Menganalisis hubungan dan besar risiko antara asupan zat gizi, PHBS, dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian stunting pada balita di daerah pesisir.
Metode: Studi observasional dengan desain cross-sectional. Subjek dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah total 107 subjek balita usia 6-59 bulan di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan data asupan gizi menggunakan semi quantitative food frequency questionnaire (SQ-FFQ). Analisis hubungan menggunakan uji chi-square untuk bivariat dengan tingkat kepercayaan 95% dan hasil signifikan jika p-value <0,05.
Hasil: Jumlah total subjek penelitian ini adalah 107 balita, 56 subjek diantaranya merupakan balita stunting dan 51 subjek lainnya tergolong sebagai balita normal. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecukupan asupan zat gizi makro yaitu energi (p<0,001), protein (p<0,001), lemak (p=0,005) dan karbohidrat (p<0,001), PHBS (p<0,001) dan riwayat penyakit infeksi (p=0,047).
Kesimpulan: Asupan zat gizi, PHBS, dan riwayat infeksi balita memiliki hubungan yang signifikan dan merupakan faktor risiko terjadinya stunting pada balita.
Kata Kunci: Stunting, asupan zat gizi, infeksi, PHBS, daerah pesisir.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:52
Last Modified: 14 May 2024 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item