ALFINA, REGITA DINDA (2024) SISTEM INFORMASI PELELANGAN IKAN PATI (SIPIPA) DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS LELANG DI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan pelayanan publik sektor perikanan melalui pelayanan jasa
yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati, terfokus
pada administrasi pelelangan dan manajemen TPI Juwana Unit II. Seiring
dinamika perubahan masyarakat dan perkembangan zaman, sektor publik dituntut
untuk terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan.
Keniscayaan sektor publik memanfaatkan teknologi menjadi langkah tepat
menghadapi dan menjawab permasalahan yang kompleks, serta menciptakan good
governance di sektor perikanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak
SIPIPA dalam proses akuntabilitas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan
metode yang digunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan,
wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari Dinas Kelautan dan Perikanan
Kabupaten Pati, TPI Juwana Unit II, dan masyarakat pengguna SIPIPA.
SIPIPA atau E-Lelang sebagai sistem lelang ikan digital pertama di
Indonesia digunakan untuk melakukan serangkaian aktivitas lelang terkait
perwujudan kesejahteraan nelayan dan pembeli ikan dengan pemberian pelayanan
pembayaran secara non tunai berbasis elektronik. SIPIPA juga membantu
kelancaran dan kemudahan dalam pengelolaan administrasi pelelangan oleh
petugas TPI, keterbukaan akses informasi lelang ikan di TPI Juwana Unit II bagi
kalangan luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Lelang ikan
bernama Sistem Informasi Pelelangan Ikan Pati (SIPIPA) telah membawa
perubahan cukup signifikan, dibuktikan dengan tercapainya aspek responsivitas,
keadilan, keterbukaan, efisien dan efektif, juga dapat dipertanggungjawabkan.
Kendati beberapa parameter akuntabilitasnya terpenuhi, namun masih mengalami
hambatan, seperti pelaksanaan standar prosedur masih kurang, perencanaan dan
anggaran berjangka pendek, masyarakat tidak suka resiko dan pesimis perubahan,
serta minimnya insentif. Sistem tersebut sekarang menjadi alat bantu atau
formalitas olah data petugas dalam mempertanggungjawabkan pelayanan
pelelangan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Akuntabilitas, E-Lelang Ikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 06:42 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22132 |
Actions (login required)
View Item |