Search for collections on Undip Repository

Diversifikasi Portofolio dengan Mata Uang Kripto Menggunakan Model Polynomial Goal Programming Berdasarkan Momen Tingkat Tinggi dan Entropi

Lestari, Anisa Chandra Nitis (2024) Diversifikasi Portofolio dengan Mata Uang Kripto Menggunakan Model Polynomial Goal Programming Berdasarkan Momen Tingkat Tinggi dan Entropi. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Anisa Chandra Nitis Lestari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISI - Anisa Chandra Nitis Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Anisa Chandra Nitis Lestari.pdf

Download (170kB)

Abstract

"Dalam berinvestasi di pasar modal, hal yang perlu diperhatikan adalah strategi untuk melakukan manajemen atau diversifikasi portofolio yang tepat. Diversifikasi dapat menurunkan risiko portofolio sepanjang koefisien korelasi tidak positif sempurna. Investor mulai mencari peluang yang lebih baik untuk diversifikasi portofolio dengan menggunakan aset non-konvensional seperti mata uang kripto. Dalam pemilihan portofolio, Markowitz mengemukakan teori portofolio modern mean-variance, namun model tersebut hanya berlaku untuk data return berdistribusi normal. Penyertaan momen tinggi yaitu skewness, kurtosis serta entropi Shanon dan entropi Tsallis menjadi solusi untuk data yang tidak berdistribusi normal. Penambahan momen pertama, kedua, ketiga, dan keempat serta entropi menciptakan masalah optimasi berbentuk polinomial yang diselesaikan menggunakan Polynomial Goal Programming (PGP). Model PGP mengimplementasikan Minkowksi distance dengan momen tinggi dan entropi sebagai objektifnya. Setelah menerapkan model PGP, nilai optimum setiap objektif akan dibandingkan setiap model kerangka portofolio yang dibangun dengan mempertimbangkan preferensi investor terhadap risiko, sehingga diperoleh model PGP pada portofolio dengan alokasi dana pada aset kripto sebesar 15.28% adalah model yang paling layak untuk dipilih berdasarkan pengukuran kinerja sharpe ratio sebesar 12.40%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bahwa penggabungan saham berkapitalisasi besar dengan aset kripto memberikan potensi diversifikasi yang lebih baik.
Kata Kunci: Portofolio, Mata Uang Kripto, Polynomial Goal Programming, Momen Tingkat Tinggi, Entropi"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:02
Last Modified: 26 Mar 2024 08:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22107

Actions (login required)

View Item View Item