Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN TERAPI ANTIRETROVIRAL (ARV) PASIEN HIV/AIDS DI RSUP Dr. KARIADI, SEMARANG

Ginitri, Arumdipta and Wulandari, Fitri and Annisaa', Eva (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN TERAPI ANTIRETROVIRAL (ARV) PASIEN HIV/AIDS DI RSUP Dr. KARIADI, SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ARUMDIPTA GINITRI-22010319120016-TESIS-ABSTRAK)
ARUMDIPTA GINITRI-22010319120016-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar belakang: Antiretroviral ialah obat yang diminum pasien HIV/AIDS untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kepatuhan terapi (>95%) dibutuhkan untuk mencapai supresi virologis, serta mencegah resistensi, kegagalan terapi, dan kematian. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan ialah tingkat pengetahuan dan sikap.
Tujuan: Mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan terapi ARV pasien HIV/AIDS di RSUP Dr. Kariadi, Semarang.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional menggunakan kuesioner, metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner kepatuhan menggunakan MARS-5, kuesioner pengetahuan dan sikap pasien disusun peneliti, dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis univariat dengan tabel distribusi frekuensi, dan analisis bivariat dengan uji Chi-Square.
Hasil: Tingkat pengetahuan responden baik sebesar 88,30%, dan kurang sebesar 11,70%. Sikap responden baik sebesar 96,81%, dan kurang sebesar 3,19%. Kepatuhan responden tinggi sebesar 65,96%, dan rendah sebesar 34,04%. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan (p=0,028) dan sikap (p=0,014) dengan kepatuhan terapi ARV.
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan mayoritas pasien HIV/AIDS di RSUP Dr. Kariadi Semarang yang menerima ARV baik, sikap mayoritas pasien baik, dan kepatuhan mayoritas pasien tinggi. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan terapi ARV pasien HIV/AIDS di RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Kepatuhan, HIV, Terapi ARV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kepatuhan, HIV, Terapi ARV
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:05
Last Modified: 28 Mar 2024 05:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item