Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Zat Gizi Enhancer dan Inhibitor Penyerapan Besi serta Ketaatan Konsumsi Tablet Fe terhadap Kejadian Anemia pada Ibu Hamil

Risa Suryaningrum, Pasharena and Margawati, Ani and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Sandi Wijayanti, Hartanti Hubungan Asupan Zat Gizi Enhancer dan Inhibitor Penyerapan Besi serta Ketaatan Konsumsi Tablet Fe terhadap Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Pasharena Risa Suryaningrum.pdf

Download (211kB)

Abstract

Latar Belakang: Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia. Jarangnya konsumsi sumber makanan enhancer dan seringnya konsumsi sumber makanan inhibitor penyerapan zat besi serta cakupan konsumsi tablet Fe yang rendah lebih rentan mengalami anemia.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara asupan zat gizi enhancer dan inhibitor penyerapan zat besi serta ketaatan konsumsi tablet Fe terhadap kejadian anemia pada ibu hamil.

Metode: Cross-sectional dengan sampel 71 ibu hamil usia 20-35 tahun yang dipilih dengan consecutive sampling. Status anemia ditentukan dari pengukuran kadar hemoglobin dengan HemoCue® Hb201+. Data asupan zat gizi enhancer, frekuensi konsumsi sumber inhibitor penyerapan besi, dan asupan zat gizi pembentuk hemoglobin diperoleh melalui wawancara SQ-FFQ serta waktu konsumsi sumber enhancer dan inhibitor penyerapan besi yang diperoleh melalui wawancara Dietary History. Ketaatan konsumsi tablet Fe dihitung dari tanggal ANC terakhir. Data dianalisis menggunakan uji spearman, uji chi-square, dan uji regresi logistik biner.

Hasil: Terdapat 57,7% subjek mengalami anemia. Rerata asupan protein subjek 104,54±52,5 g/hari dan asupan vitamin C terendah 8,60 mg/hari. Ditemukan 28,2%, 11,3%, dan 97,2% subjek sering mengonsumsi sumber inhibitor. Hasil menunjukkan bahwa 93,0% dan 95,8% subjek mengonsumsi sumber enhancer bersamaan dengan makan utama, serta 91,5%, 97,2%, dan 14,1% subjek mengonsumsi sumber inhibitor dengan jeda minimal 1 jam sebelum/setelah makan utama. Terdapat 76,1% subjek sudah taat mengonsumsi tablet Fe. Analisis bivariat dan multivariat menunjukkan ada hubungan antara asupan zat besi harian (p=0,007 dan 0,042) dengan anemia.

Simpulan: Tidak ada hubungan antara asupan zat gizi enhancer dan inhibitor penyerapan besi serta ketaatan konsumsi tablet Fe terhadap kejadian anemia pada ibu hamil dan ada hubungan antara asupan Fe terhadap kejadian anemia pada ibu hamil.

Kata Kunci: anemia, ibu hamil, enhancer, inhibitor, tablet Fe

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:45
Last Modified: 25 Mar 2024 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22054

Actions (login required)

View Item View Item