Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Protein dan Zat Besi dengan Kadar Serum Ferritin Ibu Hamil di Kota Semarang

Alexandra, Laura and Nuryanto, Nuryanto and Tri Susilo, Mursid and Candra, Aryu Hubungan Asupan Protein dan Zat Besi dengan Kadar Serum Ferritin Ibu Hamil di Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Laura Alexandra.pdf

Download (129kB)

Abstract

Latar Belakang: Anemia dan defisiensi zat besi pada ibu hamil dapat berdampak pada kesehatan ibu dan janin, komplikasi saat kehamilan dan kelahiran, serta perkembangan dan pertumbuhan anak. Serum ferritin dapat menjadi indikator untuk mendeteksi defisiensi zat besi lebih dini.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara asupan protein dan zat besi dengan kadar serum ferritin ibu hamil di Kota Semarang.
Metode: Penelitian ini memperoleh data dari Penelitian 1000 HPK FK Undip tahun 2017-2019. Penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang dilakukan terhadap 108 subjek ibu hamil berusia 19-34 tahun dari 14 puskesmas di Kota Semarang. Asupan protein, zat besi, dan variabel perancu asupan vitamin C diperoleh dari metode wawancara menggunakan formulir Food Recall 2x24 jam. Serum ferritin diperoleh dari pengambilan darah intravena dan dianalisis dengan metode ELISA. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji hubungan menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil: Ada hubungan negatif asupan protein dengan kadar serum ferritin (r = -0,256; p = 0,007), sedangkan asupan zat besi (r = -0,125; p = 0,199) dan asupan vitamin C (r = -0,131; p = 0,175) tidak berhubungan.
Kesimpulan: Ada hubungan negatif antara asupan protein dengan kadar serum ferritin sedangkan tidak ada hubungan antara asupan zat besi dengan kadar serum ferritin.
Kata Kunci: Asupan protein, zat besi, serum ferritin

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:39
Last Modified: 25 Mar 2024 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item View Item