Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Zat Gizi, Lila (Lingkar Lengan Atas), Kadar Hb, dan Usia Ibu Hamil Dengan Berat dan Panjang Bayi Lahir

Alisa Handayani, Atun and Nuryanto, Nuryanto and Candra, Aryu and Syauqy, Ahmad Hubungan Asupan Zat Gizi, Lila (Lingkar Lengan Atas), Kadar Hb, dan Usia Ibu Hamil Dengan Berat dan Panjang Bayi Lahir. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Atun Alisa Handayani.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar belakang : Ketersediaan asupan yang memadai bagi janin adalah faktor utama dalam memastikan bahwa ibu hamil melahirkan bayi yang sehat, dengan berat yang sesuai dengan usia kehamilan dan tanpa adanya keterlambatan pertumbuhan yang dapat menyebabkan kematian perinatal.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan asupan zat gizi, LILA (Lingkar Lengan Atas), kadar Hb, dan usia ibu hamil dengan berat dan panjang bayi saat lahir.
Metode: Jenis penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan belah lintang. Subjek penelitian ibu hamil berusia 15-49 tahun di 14 Puskesmas di Kota Semarang. Data berat dan panjang bayi saat lahir diperoleh dari buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Data asupan dikumpulkan melalui wawancara dan pengisian kuesioner recall 2x24 jam. Analisis hubungan menggunakan uji korelasi Pearson dan uji korelasi Spearman. Analisis multivariat menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan LILA dengan berat bayi lahir (p=0,002) dan panjang bayi lahir (p=0,043). Variabel usia ibu, kadar Hb, dan asupan energi, protein, serta lemak tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan berat dan panjang bayi lahir.
Simpulan : Ada hubungan antara LILA dengan berat dan panjang bayi lahir. Namun tidak ada hubungan antara usia kadar Hb, asupan energi, protein, dan lemak dengan berat dan panjang bayi lahir serta usia ibu dengan panjang bayi.
Kata Kunci : berat lahir, panjang lahir, asupan , LILA, kadar Hb, usia

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:36
Last Modified: 25 Mar 2024 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22051

Actions (login required)

View Item View Item